SUARA USU
Kabar Kampus

Mengenal KKN Tematik

Reporter : Anggi Syahdina/ Yessica Irene

Suara USU, Medan. Universitas Sumatera Utara tahun ini menerapkan program KKNT sebagai wujud dukungan program terhadap MBKM Mitra USU yang ditujukan kepada mahasiswa semester aktif semester 7 T.A 2022/2023. KKNT ini merupakan salah satu dari sembilan program MBKM Mitra USU. Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) – MBKM USU merupakan salah satu bentuk kreatifitas dan inovasi proses pembelajaran yang akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa Program Sarjana (di luar bidang ilmu kesehatan) untuk memiliki pengalaman belajar di desa. Desa terpilih yang menjadi lokasi KKNT USU merupakan media pembelajaran yang sangat menarik bagi USU untuk pemenuhan capaian pembelajaran lulusan dan pengembangan scientivic vision program studi. Di sinilah desa akan menjadi laboratorium lapangan yang juga sekaligus menjadi desa binaan untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari setiap program studi yang terlibat.

Melalui kegiatan KKNT USU, mahasiswa dimotivasi untuk berkontribusi memberikan solusi nyata atas berbagai permasalahan yang ada di desa lokasi sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. Pendekatan multidisiplin berbasis keunggulan kompetitif TALENTA dan tata nilai utama BINTANG digunakan untuk mencari solusi nyata dari permasalahan yang ada di desa lokasi KKNT USU. Berbekal ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah diperoleh dari program studinya, setiap mahasiswa dalam anggota kelompok KKNT USU saling bersinergi merangkai ide dan teknologi sehingga ditemukan solusi nyata terhadap permasalahan yang ada di desa lokasi KKNT USU. Beberapa alternatif tawaran solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh desa merupakan salah satu output penting yang akan dihasilkan dari kegiatan KKNT USU.

Selain sebagai media pembelajaran di lapangan, program KKNT USU juga akan memperkuat jejaring kemitraan antara USU dengan berbagai mitra lembaga mencakup pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, lembaga pendanaan (funding), dan pihak swasta terkait. Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat keberhasilan pelaksanaan program KKNT USU membutuhkan keterlibatan dan partisipasi mitra kerja USU secara efektif dan efisien. Melalui kolaborasi ini, keberadaan USU di desa akan dirasakan manfaatnya oleh banyak pihak mulai dari warga desa, pemerintah daerah, pemerintah pusat, hingga investor tingkat nasional dan internasional.

Program KKNT ini memberikan rekognisi sebanyak 20 SKS, jadi mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah KKN di semester ganjil akan dikonversi mata kuliahnya sebanyak 20 SKS.

Pelaksanaan program KKNT ini sudah direncanakan akan dilaksanakan di 14 Kabupaten/Kota dengan 94 Kecamatan dan 138 Desa yang sudah ditinjau potensi desa dan 10 tema pengimplementasian program kerja yang sudah berkoordinasi dengan pihak LPPM, Program Studi dan pihak Rektorat.

Mahasiswa yang akan diberangkatkan nantinya diberikan pembekalan sebelum menuju desa tujuan KKNT sehingga nanti setelah berada di desa tersebut sudah mempunyai bekal untuk melaksanakan program kerja untuk mengembangkan potensi desa tersebut. Sotfskill, hardskill, kemampuan berkomunikasi, serta kemampuan kepemimpinan yang diharapkan akan diasah oleh mahasiswa di desa tujuan nantinya.

Untuk pengambilan program KKNT ini akan ada di KRS dan mahasiswa akan memilih mata kuliah KKNT serta mata kuliah pilhan yang ingin di rekognisi di semester 7. Kemudian untuk pendaftaran program dan memilih desa tujuan KKNT ini dapat diakses di website MBKM USU mulai dari 1 Juli 2022.

Untuk timeline pelaksanaan program KKNT ini adalah:

  1. 02 agustus s.d 20 agustus: Pengisian KRS

  2. 22 agustus s.d 31 agustus: Orientasi mahasiswa dan DPL

  3. 05 September: Mulai Program MBKM

  4. 24 Oktober s.d 04 November: Monitoring I

  5. 26 Desember s.d 30 desember: Monitoring II

  6. 02 s.d 06 Januari 2023: Pengumpulan nilai dan mahasiswa kembali ke USU

Redaktur : Lita Amalia 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

UKM Bola Voli USU Kembali Raih Juara 1 di Turnamen Porseni Poltekkes Kemenkes Medan

redaksi

Delegasi USU Berhasil Torehkan Prestasi di Kompetisi Think Efficiency 2022 yang Diselenggarakan Oleh Shell Indonesia

redaksi

Ketua Umum Terpilih Berharap IMS FT USU Membawa Banyak Manfaat Positif

redaksi