SUARA USU
Kabar Kampus

Mengusung Tema From Youth For The Future of Indonesia Agriculture, Dies Natalis HIMAGROTEK XI Berlangsung Meriah

Reporter: Suranti Pratiwi

Suara USU, Medan. Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGROTEK) Fakultas Pertanian USU tengah merayakan Dies Natalis ke-11 dengan mengusung tema From Youth For The Future of Indonesia Agriculture, dari pemuda untuk masa depan pertanian Indonesia. Perayaan Dies Natalis ini dipanitiai oleh mahasiswa/i jurusan Agroteknologi stambuk 2021 dengan rangkaian kegiatan yang terdiri dari lomba nasional, lomba olahraga dan seminar nasional.

Ketika diwawancarai oleh kru Suara USU pada Selasa, (03/10), Muhammad Faiz Akmal selaku ketua panitia acara mengungkapkan bahwa tema yang diusung pada kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat generasi muda terhadap sektor pertanian yang berimbas pada krisis regenerasi petani. Sehingga, melalui kegiatan ini dapat mengajak mahasiswa/i pertanian di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kesadaran terhadap sektor pertanian Indonesia.

“Ada sedikit keterkaitan tema pada dies natalis ini dengan kegiatan Repetisi kemarin. Jadi, rangkaian acara kami terdiri dari seminar nasional, kemudian juga diadakan lomba nasional seperti essai, videografi dan poster. Kami juga membuat lomba olahraga untuk internal hanya antar kelas di Agroteknologi saja. Lombanya itu ada futsal, voli, dan juga tarik tambang. Untuk persiapannya sendiri kurang lebih selama 2 bulan, dimulai dari tanggal 21 Juli 2023 pembentukan kepanitiaannya,” ujar Faiz.

Rangkaian kegiatan akbar ini dibuka dengan seminar nasional yang diadakan di Aula Suratman FP USU dan disiarkan secara langsung melalui YouTube HIMAGROTEK FP USU pada Selasa, (03/10) lalu. Seminar nasional ini menghadirkan dua narasumber kompeten di bidang pertanian, yaitu Kepala bidang ketahanan pangan, tanaman pangan dan hortikultura provinsi Sumatera Utara, Muhammad Juwaini, dan dosen Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Prof. Dr. Ir. Noverita Sprinse Vinolina M.P.

Kegiatan seminar yang dipandu oleh Reno Alfiansyah dan Juwita Hariani selaku MC serta Dosen Fakultas Pertanian Wida Akasah selaku moderator ini berlangsung meriah. Rangkaian acara dibuka dengan doa, tari penyambutan, serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan mars HIMAGROTEK. Kemudian, dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua panitia pelaksana, Ketua HIMAGROTEK, Gubernur PEMA FP USU, Ketua Prodi Agroteknologi FP USU, dan Dekan FP USU.

Seminar nasional ini dimulai dengan pemaparan materi oleh Prof. Dr. Ir. Noverita Sprinse Vinolina M.P. Secara garis besar, Noverita menyampaikan bahwa perlu adanya langkah strategis dan aplikatif oleh mahasiswa pertanian dalam mengembangkan budaya tani untuk dapat mengadopsi kemajuan dan adopsi teknologi serta pemanfaatan sumber daya yang efisien dan produktif. Menurutnya generasi Indonesia emas 2045 akan tercapai melalui pembangunan SDM secara sistematis dan komprehensif meliputi kecerdasan komprehensif yang produktif dan inovatif, damai dalam interaksi sosial dan berkarakter kuat, sehat dan menyehatkan dalam berinteraksi dengan alam, dan berperadaban unggul.

Pemaparan materi dilanjutkan oleh Muhammad Juwaini sebagai perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara yang mengangkat topik tentang ‘Strategi Pertanian Berkelanjutan Di Sumatera Utara: Regenerasi Petani Untuk Masa Depan Pertanian Indonesia. Juwaini menyampaikan bahwa strategi dalam menumbuhkembangkan petani milenial adalah melalui perekrutan petani muda, pemberian pelatihan tertentu, akses magang, perekrutan kelembagaan kelompok tani, dan integrasi dengan penyuluh lapang. Petani Milenial diharapkan dapat menjalankan perannya pada sektor pertanian yakni sebagai agen perubahan, cadangan masa depan, sebagai pelaku pertanian, dan motivator bagi insan pertanian.

Selain pelaksanaan seminar, terdapat pula lomba yang tengah diselenggarakan meliputi lomba nasional diantaranya lomba essai, videografi dan poster yang terbuka bagi mahasiswa aktif diploma atau S1 di seluruh perguruan tinggi Indonesia. Sedangkan lomba sport berupa futsal putra, voli putri, tarik tambang putra dan putri yang merupakan lomba internal yang diikuti oleh mahasiswa/i agroteknologi Fakultas Pertanian USU.

Dalam akhir wawancara, Faiz turut menyertakan harapannya kepada HIMAGROTEK, “Jadi harapan saya terutama untuk HIMAGROTEK adalah semoga kekeluargaan di HIMAGROTEK terjalin semakin erat dan terbentuklah rasa kebersamaan dan juga persaudaraan antar civitas akademika di lingkup HIMAGROTEK Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara ini,” pungkasnya.

Redaktur: Tania A. Putri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Lantik Pengurus Baru, UKMI ASSIYASAH FISIP USU Harap Terbentuknya Insan yang Amanah Untuk Keberlangsungan Dakwah

redaksi

Adakan Rapat Kerja, Ketua IMIKS USU Harapkan Adanya Aktualisasi Program Kerja

redaksi

Pandemi Corona, KKN USU Tahun ini Dilaksanakan dari Rumah

redaksi