SUARA USU
Kabar Kampus

Mengusung Tema Gelorakan Cinta Budaya Nusantara, Summer Organizer Sukses Selenggarakan Event Pesona Nusantara Sekota Medan

Reporter: Tamara Ceria Sairo

Suara USU, Medan. Memperingati hari Toleransi Internasional, Summer Organizer hadir dengan membawa nuansa baru, yaitu event Pesona Nusantara. Event ini merupakan suatu wadah bagi mahasiswa bahkan seluruh warga Medan untuk memperkenalkan baju adat Indonesia ke dalam lomba fashion show. Kegiatan yang mengusung tema “Gelorakan Cinta Budaya Nusantara” ini diselenggarakan di Aula FISIP Universitas Sumatera Utara, pada Kamis, (17/11).

Pada awalnya Pesona Nusantara yang diadakan Summer Organizer ini dibentuk dalam memenuhi tugas akhir mata kuliah Event Organizer oleh mahasiswa PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) dari berbagai Universitas dengan latar belakang yang berbeda. Namun mereka juga tergerak untuk mengadakan event yang menggaungkan masyarakat untuk berbusana adat.

“Alasan yang mendasari kami menyelenggarakan event Pesona Nusantara. Pertama karena alasan akademik, kedua ialah alasan dari kelompok kami sendiri. Sudah tak asing lagi kita mendengar bahwa generasi muda sudah mulai melupakan budaya asalnya, beralih ke budaya-budaya asing. Selain itu, saya melihat anak USU dan anak PMM kurang akrab, maka kami berharap dengan selesainya acara Pesona Nusantara 2022 ini, anak USU dan anak PMM lebih akrab lagi satu sama lain,” tutur Kharisma Kharis selaku Ketua Pelaksana Pesona Nusantara 2022.

Kegiatan yang sudah berlangsung ini, dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti Fashion Show Competition dengan dresscode yang disesuaikan penyelenggara, yaitu pakaian adat daerah dan ada pula kegiatan seminar talkshow tentang keragaman budaya nusantara.

Kharis menambahkan pada awalnya kegiatan ini dibuka hanya untuk mahasiswa USU dan PMM saja, namun ada sedikit kendala terkait jumlah peserta yang tidak memenuhi target awal pihak penyelenggara. Namun, Summer Organizer banyak mendapatkan komentar di Instagram @pesonanusantara_2022, banyak peminat dari masyarakat Medan yang ingin ikut lomba yang bukan bagian dari syarat peserta awalnya. Akhirnya, mereka memutuskan membuka pendaftaran untuk umum.

Selaku Ketua Pelaksana, Kharisma Kharis bersama seluruh panitia pelaksana, Summer Organizer berharap eventini dapat menjadi penyemangat bagi peserta untuk semakin gencar memperkenalkan budaya Indonesia melalui pakaian adat yang sangat beragam.

“Harapan kami Summer Organizer kepada peserta, untuk terus semangat memperkenalkan baju adat yang ada di Indonesia kepada orang-orang yang mungkin masih asing dengan beberapa baju adat daerah di Indonesia. Selanjutnya, kami berharap kepada para penonton Pesona Nusantara 2022 kemarin, agar lebih bangga terhadap budaya-budaya yang ada di Indonesia,” tutup Kharis

Redaktur: Salsabila Rania Balqis


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

UKT Dinilai Mencekik, Camaba Minta Pihak Universitas Beri Keadilan

redaksi

Pelantikan Majelis Pembimbing dan Pengurus Gugus Depan serta Peresmian Taman Lalu Lintas Pramuka USU

redaksi

Kiat Pelaksanaan UTBK-SBMPTN USU Tahun 2020

redaksi