SUARA USU
Kuliner

Pajri Nanas, Kuliner Khas Suku Melayu

Sumber foto: Cookpad

Oleh: Tania A. Putri

Suara USU, Medan. Suku Melayu merupakan salah satu suku yang menghuni sebagian besar daratan Sumatera dan Kalimantan. Identik dengan makanan yang menggunakan rempah-rempah, Pajri Nanas menjadi satu dari sekian kuliner nikmat khas suku Melayu yang masih eksis hingga sekarang.

Sesuai namanya, Pajri atau Pacri Nanas merupakan makanan yang terbuat dari olahan buah nanas. Namun, kuliner ini tidak tersaji dalam bentuk manisan, asinan, atau potongan buah biasa, melainkan dalam bentuk olahan buah nanas yang diberi bumbu seperti bubuk kari, kelapa sangrai, dan tambahan rempah-rempah sebagai ciri khas penambah citarasa.

Sebagian orang mungkin enggan mencoba Pajri Nanas ini karena sekilas bentuknya yang mirip dengan nanas semur. Namun, ketika disantap, perpaduan rasa asam, manis, pedas, dan gurih akan membuat siapapun ketagihan untuk terus mencobanya.

Pajri Nanas sering kali dijadikan penawar bagi makanan berlemak, seperti rendang, gulai, atau kari. Dalam penyajiannya, Pajri Nanas bisa dimakan dengan ataupun tanpa pendamping makanan pokok, seperti nasi. Makanan unik asal Melayu ini biasanya menjadi masakan rumahan yang jarang ditemui di tempat-tempat makan.

Sebagai makanan kebanggaan khas Melayu, Pajri Nanas menjadi menu wajib yang harus dihidangkan di acara-acara besar seperti pesta pernikahan, khitanan, kenduri, dan hajatan-hajatan lain.

Redaktur: Azka Zere Erlthor


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kue Goreng Gadong, Makanan Khas Batak

redaksi

Kue Rasidah, Si Manis Khas Melayu

redaksi

Penerapan Budaya Organisasi pada J.Co Donuts & Coffee, Donat Asli Indonesia yang Dikira Donat Luar Negeri!

redaksi