SUARA USU
Musik

Menilik Makna Lagu Jisoo – Flower, “Goodbye and Never Look Back”

Sumber: YouTube Blackpink

Oleh: Siti Annisa

Suara USU, Medan. Penantian yang cukup lama akhirnya berbuah manis. Kim Ji-soo atau yang akrab disapa Jisoo Blackpink akhirnya debut menjadi seorang solois. Merilis single album pertamanya yaitu Me dengan judul lagu utama “꽃(FLOWER)” (31/3).

Putus cinta kerap kali dikaitkan dengan suasana sedih, mellow dan galau. Namun reaksi lain dari putus cinta diperlihatkan melalui lagu ini. “Baik-baik saja.”

Lewat lagu Flower, Jisoo menggambarkan sebuah kisah sepasang kekasih yang memiliki cinta seperti layaknya bunga yang mekar begitu indah. Namun ketika cinta itu sudah hancur sang wanita merasa baik-baik saja. Cinta yang diibaratkan seperti bunga yang sudah hancur, tidak menyisahkan apapun melainkan kenangan yaitu aroma bunga tersebut.

붉게 타버려진 너와 나
Kau dan aku yang terbakar hingga bewarna merah tua

난 괜찮아 넌 괜찮을까
Aku tidak apa-apa, apakah kamu juga?

구름 한 점 없이 예쁜 날
Di hari yang tanpa awan sedikitpun

꽃향기만 남기고 갔단다
Tidak ada yang tersisa kecuali aroma bunga

Lirik lagu Flower memiliki sentimental dengan sensibilitas trap-pop, yang memungkinkan pendengarnya untuk menari bersama yang diekspresikan melalui koreografi lagu Flower. Pada 24 jam pertama dari video musik di rilis, Flower mengumpulkan 4 juta penayangan di Youtube.

Warna baru yang diberikan Jisoo pada debutnya sebagai solois berhasil menarik perhatian banyak penggemar K-pop terutama Blinks. Jisoo dikenal karena bakat vokal dan akting, keduanya ditampilkan dalam video musik lagu Flower ini. Mulai saat ia merenungkan nasib hubungannya di dalam mobil mewah, lalu menari tanpa hambatan di lobi hotel mewah, atau melampiaskan kemarahannya dengan menghancurkan vas bunga mawar.

Flower yang artinya bunga memiliki ciri yang indah dan bebas bermekar, seperti hal nya perempuan. Kepercayaan diri Jisoo yang ditampilkan dalam video musik flower seperti mengajak para perempuan untuk jangan mudah hancur karena patah hati akibat cinta. Seperti pada bait akhir lirik lagu Flower yaitu:

이젠 안녕 goodbye
Sekarang selamat tinggal goodbye

뒤는 절대 안 봐
Tak akan melihat masa lalu lagi

미련이란 이름의 잎새 하나
Sebuah daun yang bernama keraguan

봄비에 너에게서 떨어져
Jatuh menjauh darimu karena hujan di musim semi

Pada akhirnya, tidak ada penyesalan yang dirasakan sang perempuan ketika memutuskan untuk mengakhiri hubungannya dengan sang kekasih. Menyadari harga dirinya, si perempuan memilih untuk pergi dan melengkah meninggalkan sang kekasih yang sudah tidak lagi peduli padanya. Dalam lirik diakhir lagu, Jisoo dengan lugas mengatakan selamat tinggal dan meminta untuk tidak lagi melihat ke belakang. Lagi – lagi ia menegaskan bahwa hubungan mereka berakhir, yang tersisa hanyalah aroma bunga (kenangan).

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Lagu Dermaga Milik Idgitaf Definisi “People Come and Go”

redaksi

Loneliness-Putri Ariani, Rasa Kesepian dan Hancur Saat Ditinggalkan

redaksi

Tenangkan Diri Bersama Lagu “Be Alright” Milik Ariana Grande

redaksi