SUARA USU
Kabar Kampus

Merayakan Tahun Baru dengan Roti Ganda Khas Pematangsiantar

Oleh : Angelin Hutagalung

Suara USU, Medan. Merayakan tahun baru bersama keluarga sambil berbagi cerita tidak lengkap jika belum ada cemilan. Salah satu cemilan yang bisa jadi rekomendasi yaitu Roti Ganda khas Kota Pematangsiantar yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Roti Ganda ini sudah ada sejak tahun 1979 dan menjadi salah satu ikon legendaris di kota yang letaknya tidak jauh dari Kota Medan. Jadi, jangan heran jika berkunjung ke Pematangsiantar, sekitaran jalan raya salah satu toko cabang Roti Ganda Siantar tepatnya di Jalan Sutomo No. 89 Kota Pematangsiantar sering mengalami macet saat hari-hari libur besar bahkan hari biasa mengingat masyarakat  Siantar, pendatang kota lain, hingga wisatawan banyak datang ke toko Roti Ganda untuk merasakan nikmatnya cita rasa roti tersebut.

Membahas karakteristik Roti Ganda sendiri, umumnya Roti Ganda yang banyak dibeli yaitu Roti Ganda oles selai srikaya. Selain rasa srikaya, ada juga Roti Ganda oles krim (mentega) putih dengan taburan meses cokelat yang sedap. Untuk ukuran, penjual Roti Ganda menawarkan beberapa ukuran roti dengan variasi harga berbeda yang masih ekonomis. Roti Ganda oles biasanya dibagi (dipotong) secara vertikal. Bukan hanya roti olesnya, banyak pembeli juga memborong selai srikaya nan sedap khas Ganda ini dalam bentuk kiloan. Selai srikaya nantinya dapat dinikmati bersama roti tawar gandum biasa yang sering dijual juga di toko-toko biasa.

Sebenarnya, Toko Roti Ganda tidak hanya menawarkan roti tawar oles, tetapi kue bolu, kue basah atau kering, kue ulang tahun, dan lain-lain juga menjadi andalan. Soal rasa, pastilah tidak beda jauh dari enaknya roti oles selainya. Oleh karena itu, tak heran toko roti Ganda hampir setiap hari rame karena penjual yang menawarkan variasi roti,kue,dll dalam jumlah yang banyak dengan rasa yang enak.

Di Kota Pematangsiantar, terdapat dua cabang toko roti Ganda yaitu di Jalan Sutomo No. 89 (pertama) dan Jalan Kartini No. 21 (kedua). Letak kedua toko cabang terpisah sekitar 1,6 km dan kedua toko terletak di daerah yang masih termasuk daerah strategis di Kota Pematangsiantar. Di masa pandemi Covid-19 ini, tentunya kedua toko menerapkan protokol kesehatan ya ! Seperti di Jalan Sutomo, toko Ganda diberikan garis polisi sebagai pembatas agar para pembeli tidak terlalu rame, menyiapkan tempat cuci tangan, mewajibkan memakai masker, dan sebagainya.

Nah, buat teman-teman yang berkunjung ke Kota Pematangsiantar buat tahun baruan, jangan lupa ya untuk mencicipi Roti Ganda ! Jangan lupa juga buat nyiapin stok Roti Ganda sebagai oleh-oleh buat keluarga, saudara, maupun teman yang berada di kota asalnya. Roti Ganda udah bisa dipesan juga melalui via online loh ! Selamat tahun baru dan selamat mencicipi ya!

Redaktur: Yessica Irene

 

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Dua Hari Masa Pengaduan Pemira USU

redaksi

Jadi Tuan Rumah, IMAPET USU Adakan Seminar Wilayah 1 ISMAPETI

redaksi

Farhan Jijima sebagai Bintang Tamu, Mari Intip Antusias Peserta MSC USU 2023

redaksi