SUARA USU
Kabar Kampus

Meski Hadapi Tantangan Baru, Fasilkom-TI Tetap Optimis Adakan PKKMB untuk 250 Mahasiswa Baru

Reporter : Regita Ayuni Putri Ginting/Nurjana Sihombing

Suara USU, Medan. Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) USU melaksanakan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) secara luring pada tanggal 5-7 September 2022.

Sebanyak 250 mahasiswa baru Fasilkom-TI diarahkan untuk mengikuti kegiatan pengenalan di fakultas. Baginda Hamonangan Harahap selaku Ketua Panitia PKKMB Jurusan Teknolohi Informasi dan Ammar Rafi Afandi Hasibuan selaku PLT Gubernur Mahasiswa Fasilkom-TI,  menyambut baik mahasiswa baru Fasilkom-TI.

Dekan Fasilkom-TI, Dr. Maya Silvi Lydia B. Sc, M. Sc., turut serta dalam memperkenalkan profil fakultas dan program studi kepada mahasiswa baru. Ia juga berharap bahwa mahasiswanya benar-benar belajar dan punya tujuan di dunia perkuliahan.

Bebrbeda dari tahun sebelumnya, Kegiatan PKKMB kali ini memerlukan persiapan yang cukup ekstra,“Karena sistemnya beda dari online ke offline, yang dipersiapkan itu dari konsep acaranya, peralatan yang dibutuhkan, dan juga kesiapan panitia untuk melaksanakan acaranya,” ungkap Baginda.

PLT Gubernur Mahasiswa Fasilkom-TI juga menyatakan butuh waktu sekitar 2 bulan untuk merancang kegiatan PKKMB ini, mulai dari pembuatan panitia, hingga kolaborasi antar dekanat, tenaga pendidik, dan mahasiswa. Ammar juga mengatakan bahwa PKKMB tahun ini menjadi salah satu tantangan tersendiri baik dari PEMA, maupun panitia.

“Kalau dari Fasilkom-TI sendiri itu panitianya adalah stambuk 2020 dan 2021 yang bahkan sebelumnya belum pernah ngerasain bagaimana PKKMB offline. Tantangannya ini adalah mereka nggak tahu bagaimana kira-kira gambarannya, jadi memang dari PEMA dan dibantu juga dengan HMJ sama-samalah merangkul panitia, memberikan gambaran gimana sih PKKMB secara offline,” jelasnya.

Ketua Panitia PKKMB Jurusan Teknologi Informasi ini berharap akan kelancaran dan kemeriahan dalam acara PKKMB ini. Ia juga berpesan kepada mahasiswa baru untuk menikmati proses PKKMB, karena pasti ada hikmah berupa ilmu yang didapat dari kegiatan ini.

Sementara itu PLT Gubernur Mahasiswa Fasilkom-TI berharap di PKKMB selanjutnya akan ada lagi ajang kreasi seperti PKKMB di tahun 2019.

“Saya pikir PKKMB 2019 lalu seharusnya menjadi contoh, standarnya gitu. Karena di situ ada tradisi ajang kreasi tadi kan yang nggak dilakukan di tahun ini. Saya inginnya ada lagi ajang kreasi itu, dan juga inginnya sih garis koordinasi kita diperjelas, karena posisi presiden mahasiswa sekarang kan lagi kosong. Saya inginnya ada garis koordinasi ke PEMA USU supaya di PEMA Fakultas enggak kebingungan gimana minta garis koordinasinya ke rektorat sana, gitu sih,” paparnya.

Ia juga berpesan kepada mahasiswa baru untuk memperbanyak ilmu dan pengalaman yang diambil dari senior agar perkuliahan di Fasilkom-TI bisa dinikmati dan dilakukan dengan lebih mudah.

Mahasiswa baru Fasilkom-TI juga memberikan tanggapan PKKMB 2022 dan harapan untuk ke depannya.

“Untuk pertama kali mungkin agak ribet ya, mungkin terburu-buru karena saya anak kos juga kan, kayak masak, nyari bahan makanan, karena ada bahan makanan yang udah diborong sama semua orang, jadi muter-muter nyari itu. Karena terburu-buru, jadi ngeblank gitu,” Tutur Diva, salah satu maba jurusan Teknologi Informasi Fasilkom-TI.

“Harapannya untuk temen-temen maba, semoga bisa saling kompak, enggak ada berantem-berantemnya gitu,” balas Dika, mahasiswa baru jurusan Ilmu Komputer Fasilkom-TI.


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Periode Baru, Pengurus HMI dan Korps HMI Wati FE Resmi Dilantik

redaksi

UTS Daring Bikin Pusing !!

redaksi

USU Turut Menjadi Penyelenggara Peksimida 2024

redaksi