SUARA USU
Kabar Kampus

PKKMB FH USU, Tunjukkan Semangat Mahasiswa Baru

Oleh : Putri Nur Syafitri Lubis / Divina Marsya Azzahra

Suara USU, Medan. Kegiatan PKKMB luring turut dimeriahkan oleh panitia dan mahasiswa baru Fakultas Hukum. Setelah 2 tahun menjalani PKKMB secara daring, inilah saat yang tepat untuk para panitia menjalani kedekatan dengan mahasiswa baru yang sebelumnya terhambat karena diadakan secara daring. Kegiatan PKKMB ini diselenggarakan selama 3 hari tepatnya dari tanggal 5 – 7 September 2022, yang dimana pembukaan PKKMB berlangsung di Stadion Mini USU bersama Rektor beserta jajarannya. Setelah rangkaian acara penyambutan di Stadion Mini USU, seluruh maba diarahkan untuk menuju ke fakultas masing masing dan melanjutkan rangkaian acara PKKMB lainnya yang diberikan langsung dari fakultas masing masing.

M.Husni Baihaqi selaku Gubernur Mahasiswa FH USU menjelaskan bahwa ada suatu loncatan upaya antara PKKMB 2019 yang diadakan secara luring dengan PKKMB 2022.
“Ada suatu loncatan upaya, contohnya seperti PKKMB 2019 yang memecahkan rekor MURI juga dan pada 2022 ada rekor MURI lain dengan kategori yang berbeda yaitu bernyanyi Medley 8 lagu etnik dengan mahasiswa baru terbanyak, dan itu merupakan inovasi yang baik,” ucapnya.

Kemudian Husni menyatakan ada perasaan dan situasi yang gugup dikarenakan transisi dari daring ke luring
“Pasti setiap panitia, fakultas, dan PEMA merasakan situasi gagap dan gugup, dalam artian kondisinya hari ini yang berbeda karena biasanya semua agenda-agenda hanya menatap layar selama 2 tahun dan PKKMB ini merupakan momentum bagi panitia untuk mengajarkan nilai-nilai mengenai fakultas kepada mahasiswa barubaru,” jelas Husni.

Salah satu kakak regu PKKMB Fakultas Hukum mengatakan merasa gembira karena dapat melihat dan bertemu secara langsung dengan para mahasiswa baru.
“Kalau dari saya pribadi sih menyenangkan ya, karena bisa melihat wajah-wajah baru dan antusiasme maba secara real, melihat interaksi antara senior dan junior, dan melihat kedekatan yang mulai terjalin kembali karna sebelumnya terhalang oleh pandemi, ” ujar Samiaji Ibnu.

Salah satu hal unik dari PKKMB FH USU ini ialah adanya tradisi turun menurun dimana sudah ditetapkannya aturan untuk mahasiswa yang mengospek mahasiswa baru adalah mahasiswa 3 tingkat diatasnya, seperti tahun ini para maba FH 2022 di ospek oleh hampir seluruh mahasiwa FH tahun 2019 yang dipanggil dengan panggilan unik yaitu Dewa / Dewi.

Penyampaian beberapa materi sendiri sudah terlaksana di hari pertama PKKMB FH USU.
“Diawali dengan kata sambutan sekaligus pengenalan kampus yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Hukum, kemudian dilanjutkan dengan materi Percegahan Perundungan dan Pancasila,” ujar Antonio salah satu maba FH USU.

Febri Bastanta selaku panitia menyatakan PKKMB 2022 Fakultas Hukum bertujuan untuk mempererat solidaritas antar mahasiwa dan pengenalan mengenai fakultas kepada mahasiswa baru. PKKMB 2022 Fakultas Hukum diisi oleh sosialisasi yang dilakukan oleh dosen internal Fakultas Hukum maupun dari tamu yang diundang secara eksternal. Di hari terakhir, para panitia berencana membuat konser mini yang akan diisi oleh para mahasiswa Fakultas Hukum yang berminat untuk menampilkan bakatnya.

Redaktur : Harsimren Kaur


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Silahturahmi Akbar Gamadiksi USU

suarausu

Mengusung Tema Multiverse, Pameran Buku TI USU Kembali Hadir di Gedung Pancasila!

redaksi

Yuk Mengenal Lebih Dekat dengan KMJ USU

redaksi