SUARA USU
Kabar Kampus

Paguyuban KSE USU Sukses adakan Roadshow Beasiswa KSE

Reporter: Cory Patricia

Suara USU, Medan. Karya Selemba Empat USU adakan roadshow bertajuk beasiswa. Roadshow ini diadakan secara daring dengan tiga pertemuan. pertemuan pertama diadakan pada hari Minggu, 13 maret dan ditujukan untuk fakultas kedokteran, kedokteran gigi, Psikologi, keperawatan, dan FKM. Pertemuan kedua diadakan pada hari Minggu, 20 Maret dan ditujukan untuk fakultas pertanian, kehutanan, FMIPA, farmasi dan teknik. Pertemuan terakhir diadakan pada hari Minggu, 27 Maret dan ditujukan untuk fakultas FIB, FEB, hukum, fisip, dan Fasilkom.

Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) adalah beasiswa yang ditawarkan oleh yayasan Salemba Empat untuk mahasiswa S1 yang sedang menempuh pendidikan minimal di semester 2 dan maksimal di semester 6. Adanya beasiswa Karya Salemba Empat berawal dari 8 founder Yayasan Salemba Empat yang menyadari bahwa banyak mahasiswa terpaksa harus berhenti kuliah karena kekurangan finansial, sehingga para founder ini memutuskan untuk membuat Beasiswa Karya Salemba untuk membantu mahasiswa/i yang kekurangan biaya dalam melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi.

Dalam roadshow terakhir, Fani Fadilla Bahar selaku narasumber yang sedang menjadi penerima Beasiswa Karya Salemba Empat 2020-2022, menjelaskan bahwa terdapat 35 PTN mitra KSE di seluruh Indonesia. Untuk PTN di Sumatra Utara yang menjadi mitra KSE adalah USU, UIN, dan UNIMED. Fani juga menjelaskan bahwa penerima beasiswa KSE tidak hanya menerima biaya pendidikan tapi juga mendapatkan pelatihan yang mengembangkan soft skill, seperti leadership, public speaking, dan enterpreneurship.

“Engga hanya dapat biaya 750.000 perbulannya, tapi penerima bakal dapat hal-hal lain juga. Ada banyak benefit yang bakal didapat oleh beswan (peserta beasiswa KSE). Seperti pelatihan soft skill baik leadership, public speaking, entrepreneurship. Sebenarnya masih banyak lagi, kaya di KSE USU ada divisi yang namanya research and development. Di divisi ini mereka mengadakan penelitian juga. Akan ada banyak lagi kegiatan yang bermanfaat yang bakal dilakukan di KSE seperti mengajar, bina panti, donor darah, dll,” papar mahasiswa akuntansi ini.

Dalam beasiswa Karya Salemba Empat, terdapat empat program utama yaitu reguler scholarship, achievement scholarship, enterpreneurship academy, dan technology for Indonesian.

Reguler Scholarship

Pemberian bantuan finansial kepada mahasiswa yang membutuhkan berupa bantuan kebutuhan hidup, buku, internet, dan lainnya.

Entrepreneur Academy

Mempersiapkan pengusaha muda dalam membangun bisnis mereka berupa beasiswa reguler + pelatihan kewirausahaan, serta bantuan bisnis dan monitoring.

Achievement Scholarship

Pengembangan kompetensi mahasiswa unggul dalam mengembangkan kemampuan diri, professional, dan akademik. Program ini berupa beasiswa reguler ditam bah bantuan SPP dan tugas akhir, pembinaan, pendampingan, dan pengembangan softskill.

Technology for Indonesia

Mempersiapkan dan mendorong peserta program un tuk menjadi Technopreneur muda. Program ini berupa beasiswa reguler + fasilitas untuk mendapatkan pelaksanaan atau implementasi penelitian kepada masyarakat.

Dalam acara roadshow ini dijelaskan juga syarat dalam menerima beasiswa KSE dan hal-hal yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa KSE USU.

“Syarat dalam beasiswa ini adalah kita harus menempuh pendidikan minimal di semester 2 dan maksimal di semester 6. Calon peserta juga tidak diperbolehkan sedang menerima beasiswa lain, dan yang engga kalah penting adalah IPK teman-teman tidak boleh dibawah 3.00. Nah, yang perlu diperhatikan juga teman-teman harus mengisi data pribadi akademik & Non akademik dengan jujur di laman website beasiswa.or.id . Kalian juga akan diminta membuat essay dan usahakan ada data pendukung yang bisa menjadi nilai plus untuk meluluskan teman-teman ditahap seleksi berkas,” tutup Fani.

Acara roadshow ini ditutup dengan sesi tanya jawab, foto bersama untuk hasil dokumentasi, dan kata penutup dari moderator.

 

Redaktur: Miranda Agnelya Naibaho

Related posts

Pentingnya Pelatihan Literasi Digital Bagi Remaja Era Digital

redaksi

Memasuki Usia Baru, TBM FK USU Berharap Dapat Memberi Kebermanfaatan

redaksi

Apa Itu Pekerja Sosial? Ini Kata Ketua IMIKS USU

redaksi