SUARA USU
Kabar Kampus

Pekan Ilmiah Nasional Ke-36 Resmi Dibuka

Reporter: Putri Adliani / Hanna Letare

Suara USU, Medan. Pembukaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 telah resmi dibuka di halaman Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran (Unpad), Jatinangor pada Senin (27/11/2023). Kegiatan ini dibuka Staff Ahli Bidang Manajemen Talenta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI Tatang Muttaqin bersama Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, Kepala Badan Pengembangan Talenta Indonesia Asep Sukmayadi, dan Plt. Kepala Biro Kerja Sama Kemendikbudristek Anton Rahmadi.

PIMNAS kali ini diikuti oleh 525 kelompok PKM dari 106 perguruan tinggi dengan total mahasiswa yang hadir sebanyak 2.411 peserta dan juri berjumlah 77 orang. Dalam ajang ini USU mengirimkan 8 tim PKM yang siap bersaing di PIMNAS 2023 dan sebanyak 3 tim yang mengikuti Lomba Non-PIMNAS.

Shahnaz dan Azra dari Tim PKM-PM Garpuan USU yang mengikuti lomba non PIMNAS kategori pengabdian kepada masyarakat mengaku bahwa penyelengaraan PIMNAS di hari pertama berjalan lancar, baik dari penyambutan, pengarahan dan pelayanan dari panitia sangat baik dan ramah.

“Keren, uda bagus dan mewah juga ya, apalagi ada scooter yang dipersiapkan untuk mempermudah mobilitasi di kampus hanya download dan scanning aplikasi tanpa berbayar, cuma kami agak mutar-mutar disini karena UNPAD luas banget,” tutur Azra.

Tim PKM-PM Garpuan USU menjelaskan jika persiapan mereka untuk mengikuti ajang ini dilakukan selama 10 bulan dan sudah mencapai 100%. “Persiapan tim 10 bulan dari januari uda mulai diskusi, brainstorming, Alhamdulilah lolos di pendanaan, kami sudah tiga kali penelitian dan pencapaian sudah 100%. Awalnya kami gagal di PIMNAS dan mencoba ke Lomba Non-PIMNAS, ada lebih dari 200 pendaftar dan Alhamdulliah tiga tim yang lolos dari USU”, jelas Shahnaz.

Shahnaz dan Azra berharap bisa membawa nama baik USU dengan meraih juara di lomba ini semakin dan banyak tim-tim dari USU yang mengikuti PIMNAS, serta untuk Lomba Non- PIMNAS bisa di-cover full pendanaan ataupun registrasinya.

“Kalau dari aku kebetulan dari Non-PIMNAS, itu keren banget sih acaranya, ternyata sampai sebesar ini tenan-tenannya. Mungkin bisa diperbaiki lagi ke depannya terkait kurangnya informasi dari panitia PIMNAS,” jelas Donny Adithya anggota dari tim AR Chard Techtonic (PKM-PM USU).

Berbeda dengan Khairunnisa yang juga satu tim dengan Donny mengungkapkan jika panitia terutama bagian helpdesk sangat responsif dengan berbagai pertanyaan dan kendala dari setiap peserta. Ia juga menyampaikan harapannya untuk penyelengaraan PIMNAS dan USU kedepannya.

“Harapan untuk PIMNAS lebih wow lagi kedepannya, dan lebih transparan untuk sistem penilaian. Untuk USU, mungkin kita harus lebih giat lagi ya untuk ikut PIMNAS, karna kurang banyak minat mahasiswa USU mengikuti kegiatan ini jadi harus ditingkatkan lagi,” pungkasnya.

Redaktur: Anna Fauziah Pane

Related posts

Dies Natalis Himadita Nursery, 23 Tahun Berdiri dengan Rasa Kekeluargaan yang Tinggi!

redaksi

Asah Kreativitas, Mahasiswi Kesejahteraan Sosial USU Ajak Sanggar Pendidikan Silaturrahmi Membuat Handycraft Bersama

redaksi

Tingkatkan Wawasan Mengenai High-Tech Industries, USU Adakan Kuliah Umum

redaksi