SUARA USU
Featured Kabar SUMUT Opini

Penelitian Mahasiswa USU Mengenai Heterogenitas Masyarakat Indonesia dan Hubungannya Terhadap Nilai Pancasila

Oleh: Bagus Adjie Pradana, Roy Anggi Pratama Sianturi, Ayu Wahyuni Batubara, Erissa Pratami, Gilberto Ronaldi

Suara USU, Medan. Heterogenitas sosial atau keberagaman masyarakat merupakan pengelompokan di masyarakat yang didasarkan pada perbedaan peran dan fungsi yang dimiliki individu maupun kelompok. Perbedaan tersebut meliputi suku bangsa, ras, agama, dan antargolongan. Di Indonesia misalnya, keberagaman itu ada berkat banyaknya suku, bahasa, juga agama yang dianut warga negaranya. Hal yang sama bisa kita temukan di negara seperti Australia. Dimana kita bisa menemukan orang kulit putih, orang kulit hitam, orang Asia, dan lainnya, dengan berbagai macam agama, seperti Kristen, Islam, bahkan Atheis. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat terhadap heterogenitas, dan bagaimana posisi Pancasila dalam hal perwujudan heterogenitas yang ada di masyarakat. Dengan adanya kegiatan yang kami lakukan diharapkan agar tercipta persatuan sesuai sila ketiga Pancasila.

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan keragaman budaya, ras, suku, kepercayaan, agama dan bahasa. Keberagaman bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan wilayah bangsa Indonesia. Keanekaragaman adalah kondisi masyarakat dan ada banyak perbedaan di berbagai daerah. Seperti yang kita ketahui keberagaman di Indonesia sangat mewah atau lebih tepatnya kaya. Bangsa Indonesia merupakan bangsa dengan budaya yang beragam dari sabang sampai merauke. Budaya yang terjadi di masyarakat melibatkan sikap, nilai keyakinan, norma dan perilaku yang dianut bersama oleh suatu kelompok tetapi dijaga secara berbeda oleh setiap kelompok, dikomunikasikan lintas generasi, relatif stabil tetapi mempunyai peluang untuk berubah seiring waktu. Budaya menurut Brown adalah sebuah sistem aturan yang dinamis, eksplisit dan implisit yang dibangun oleh kelompok-kelompok yang menjalin kelangsungan hidup mereka. Keberagaman ini bisa kita lihat dari banyak dan beragamnya suku, adat istiadat, agama, bahasa dan sebagainya. Keberagaman ini salah satunya timbul karena Indonesia berbentuk negara kepulauan. Keberagaman ini menjadi kekayaan bangsa Indonesia.

Dengan keberagaman juga letak geografis dan keindahan alam kita ini tentunya dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik wisatawan asing. Dengan begitu pariwisata Indonesia pun bisa menjadi destinasi wisata yang diperhitungkan di dunia. Hal ini pastinya akan menjadi motor penggerak ekonomi Indonesia terlebih masyarakat disekitar tempat wisata tersebut. Jadi keberagaman ini perlu kita manfaatkan sebaik mungkin. Keberagaman yang dimiliki Indonesia tidak lain merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Maka kita wajib selalu bersyukur atas anugerah ini dan selalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kami melakukan pengambilan data melalui wawancara terkait Heterogenitas dalam masyarakat indonesia. Semua tanggapan dari para narasumber menunjukkan respon positif terhadap heterogenitas yang ada di indonesia seperti tanggapan dari dinda,mahasiswa (19) “Menurut saya Heterogenitas di indonesia adalah salah satu ciri khas yang harus dilestarikan dan dijaga karena merupakan aset bangsa yang tidak semua negara miliki”.

Banyak dari kita yang lupa akan kekayaan negara kita sendiri maka dari itu sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga kekayaan dan keberagaman yang ada di negara kita agar tidak punah dan tetap dikenal oleh generasi-generasi yang akan datang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SD Muhammadiyah PK Kottabarat

redaksi

Trans Metro Deli dan Solusi Kemacetan Kota Medan

redaksi

Semesta Buku Kini Hadir di Kota Medan untuk Akses Buku Berkualitas yang Merata

redaksi