SUARA USU
Kabar Kampus

Peran Pt. BNI KCU USU Medan dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19

Oleh: T. Chairatul Nisa, Helmin Tety Saputri Harita, Siti Haliza, Ade Aurora Yasmin

Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis. Dosen Mahasiswa FISIP USU Kak Ainun Mardhiyah S.AB,.M.AB sebagai Dosen Pembimbing Magang.

Seperti yang kita ketahui saat ini, Bank merupakan badan usaha yang kegiatannya adalah menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat. Saat ini, praktik perbankan di Indonesia telah menyebar keseluruh pelosok tanah air.

Lembaga keuangan yang berbentuk bank di indonesai adalah bank umum, bank umum syariah, bank pengkreditan rakyat dan bank pembinaan rakyat syariah. Oleh karena itu, layanan perbankan menjadi sangat penting karena memiliki kontak langsung dengan masyarakat untuk mendorong pembangunan perekonomian nasional. Perbankan memberikan kontribusi cukup besar bagi pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Dengan menyalurkan berbagai aktivitas perekonomian seperti penyaluran kredit, penyimpanan tabungan dan peranan perbankan yang lainnya. Adanya berbagai aktivitas yang dilakukan perbankan haruslah memberikan pelayanan yang prima dan optimal untuk para nasabahnya dalam rangka melaksanakan aktivitas perbankan di Indonesia.

Pandemi COVID-19 merupakan salah satu tantangan terberat yang dihadapi oleh dunia global, termasuk Indonesia. Melemahnya kinerja ekonomi Indonesia juga berdampak pada kinerja BNI. Untuk itu, BNI telah mengambil berbagai langkah strategis untuk mengatasi dampak COVID- 19 baik dalam bidang ekonomi, tata kelola, sumber daya manusia, maupun Corporate Social Responsibility (CSR).

Hal yang harus di analisis adalah peran pt. bni kcu usu medan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat pada masa pandemi covid-19.

Berdasarkan pengamatan yang diperoleh pada PT. BNI KCU USU Medan mengenai Peran PT BNI KCU USU Medan Dalam Rangka Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Dimasa Pandemi COVID-19, maka dapat ditarik kesimpulan BNI menyadari bahwa pandemi belum segera berakhir. Untuk itu, BNI menggariskan beberapa kebijakan strategis yaitu:

  1. Memastikan operasional perusahaan adaptif terhadap perkembangan situasi agar terus berjalan tanpa mengesampingkan kesehatan dan keselamatan nasabah dan pegawai.
  2. Menumbuhkan bisnis secara prudent dan diselaraskan dengan program pemulihan ekonomi nasional.
  3. Menjaga likuiditas yang sehat dan mendorong pertumbuhan CASA yang berkelanjutan,
  4. Tetap fokus pada upaya menjaga kualitas aset.

Perencanaan sistem PT.BNI KCU USU Medan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menggunakan strategi meningkatkan kualitas layanan melalui digitalisasi jasa, yang merupakan suatu strategi yang digunakan suatu perusahaan untuk pengembangan layanan yang berbasisi digital untuk menjawab kebutuhan konsumen yang semakin digital.

Demikian juga dengan bisnis perbankan yang terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas layanannya. Digitalisasi layanan jasa perbankan merupakan salah satu strategi yang dapat menjawab permasalah yang terjadi dalam hal peningkatan kualitas layanan perbankan. PT. Bank Negara Indonesia telah mengimplemtasikan digitalisasi layanan jasa terhitung 3 (tiga) tahun terakhir.

Selain itu agar UMKM dapat memperluas jangkauan pasarnya maka UMKM harus terhubung dengan platform digital/e-commerce. Pandemi COVID-19 masih menjadi tantangan bagi dunia usaha. Namun di sisi lain, pandemi ini juga memunculkan tren dan peluang baru bagi pelaku usaha, termasuk UMKM, salah satu tren tersebut adalah adanya kecenderungan pelaku usaha kecil lebih akrab dengan penjualan e-commerce , sebagai salah satu cara bertahan dari krisis.

Di tengah kecenderungan UMKM yang semakin go digital, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menyiapkan ekosistem layanan digital dalam payung BNI Smart Solution. Dalam menghadapi dampak pandemi, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) secara aktif melakukan restrukturisasi kredit (KUR) terhadap debitur yang berkinerja baik namun bisnisnya terdampak Covid-19.

Tim Peneliti

  1. Chairatul Nisa (180907015)
  2. Helmin Tety Saputri Harita (180907027)
  3. Siti Haliza            (180907049)
  4. Ade Aurora Yasmin (180907099)

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Analisis Digital Marketing & Referral Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Jasa Fotografi dan Videografi (Studi Kasus pada Fauve Imagine Medan)

redaksi

IMAMADINA USU Galang Dana untuk Korban Kebakaran di Desa Hutanamale

redaksi

Menghilangkan Self-Stigma Pengguna NAPZA melalui Metode Dynamic Group!

redaksi