SUARA USU
Kabar Kampus

Persiapan SBMPTN 2022, HIMALA USU Gelar Tryout Online Nasional Gratis

Oleh: Fikih Firmansyah

Suara USU, MEDAN. HIMALA USU menggelar program “Tryout UTBK Online Nasional” untuk membantu para calon peserta SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) mengakses tes berkualitas lewat sistem Tryout HIMALA USU. HIMALA USU sendiri merupakan salah satu paguyuban kedaerahan dari Kabupaten Langkat yang bersamaan dengan pelaksanaan Tryout ini, juga sekaligus melaksanakan kegiatan HGTS (HIMALA USU Go To School) yang mensosialisasikan dunia kampus kepada siswa-siswi SMA-sederajat se-Kabupaten Langkat. HIMALA USU berkomitmen untuk mendampingi siswa-siswi SMA untuk siap sedia menjadi sosok mahasiswa di kampus idamannya masing-masing.

Program ini merupakan kali kedua HIMALA USU melaksanakan Tryout UTBK Online Nasional yang sebelumnya dilaksanakan tahun 2020, yang diikuti lebih dari 500 siswa-siswi SMA dari berbagai daerah di Indonesia. Tryout kali ini dirancang fleksibel dengan waktu pengerjaan ujian sesuai dengan UTBK sebenarnya dan dimulai sejak 15 sampai 16 Januari 2022. Pendaftaran tryout UTBK dapat diakses secara gratis hingga tanggal 14 Januari 2021 dengan mengisi form melalui laman http://himalausu.org/tryout.

Naufal Hisyam, Ketua Umum PK HIMALA USU melalui rilis resmi (15/12/2021) menjelaskan bahwa, “Tryout yang dilakukan oleh HIMALA USU ini merupakan sarana bagi siswa kelas XII untuk mengukur kemampuan mereka untuk masuk kedalam PTN yang mereka impikan, harapannya dengan adanya Tryout ini siswa lebih terpacu semangat nya dalam belajar mengejar nilai UTBK dan semakin siap dalam persiapan menuju UTBK 2022,” jelas Naufal.

Tryout UTBK Nasional akan meliputi tryout ujian TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TPA (Tes Potensi Akademik) untuk kategori Saintek (Sains dan Teknologi) dan Soshum (Sosial Humaniora). Dalam kesempatan sama, Ketua Departemen Pendidikan HIMALA USU, Khairul Yahya juga menyampaikan, pihaknya akan kembali menggelar tryout gratis kembali dalam beberapa bulan kedepan menjelang pelaksanaan UTBK untuk dapat memberikan pengalaman lebih dalam menghadapi UTBK 2022.

“Tryout kali ini akan dimuat sesuai mungkin dengan pelaksanaan UTBK tahun 2021, di mana metode penilaian IRT (Item Response Theory), jumlah dan karakteristik soal HOTS yang sesuai dengan kurikulum, waktu pelaksanaan selama 3 jam, lengkap dengan pembahasan dari tiap soal ketika peserta telah selesai mengerjakan Tryoutnya yang semua ini bisa dilaksanakan secara gratis dan terbuka untuk seluruh siswa-siswi SMA-sederajat se-Indonesia”, ungkap Yahya.

“Untuk semua pelajar Indonesia kelas 12 yang akan mengikuti UTBK 2022, teruslah berjuang dari sekarang, terus lah mencari pengalaman dari sekarang, dan teruslah berinovasi dari sekarang,” pesan Naufal.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Melangkah Bersama Menuju Prestasi Unggul, Harapan Prodi untuk Dies Natalis dan  HMJ IMPUS

redaksi

PMM Angkatan II Dimulai, Ini Bedanya dengan Angkatan l

redaksi

KEMENSOS PENGMAS PEMA USU Laksanakan Kegiatan Reka Cipta Mengajar

redaksi