SUARA USU
Kabar Kampus

Persiapkan Kuliah Tatap Muka dan Jalankan Misi Sosial, USU Gelar Tes Swab PCR Gratis!

Oleh: Yulia Putri Hadi dan Hafaz Sofyan

Suara USU, MEDAN. Universitas Sumatera Utara mengadakan pelayanan Swab PCR gratis bagi peserta vaksinasi dan civitas akademika di Gedung Pancasila pada periode 29 September-08 Oktober 2021. Pelaksanaan Swab PCR ini dilakukan oleh Laboraturium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran USU, yang telah melayani Swab PCR tidak berbayar bagi masyarakat Sumatera Utara di laboraturium mikrobiologi sejak Mei 2020 lalu.

Wakil Rektor I, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A mengatakan, swab PCR gratis ini merupakan bentuk dari pelayanan sosial yang dilakukan USU sebagai bagian dari Dies Natalis ke-69 USU dan Dies Natalis Fakultas Kedokteran USU. Pada pelayanan Swab PCR gratis kali ini juga, USU menyediakan 200.000 sampel PCR yang akan dilaksanakan dalam seminggu.

“Kita berharap bahwa ini bagian daripada pelayanan sosial yang bisa membantu kemudahan dalam konteks PCR. Hari ini menargertkan kurang lebih lima ratus sampai seribu yang bisa mendapatkan pelayanan PCR,” ujar Dr. Edy Ikhsan.

Penanggungjawab Laboratorium PCR COVID-19 Mikrobiologi FKUSU Dr. R. Lia Kusumawati Iswara, MBiomed, SpMK(K), PhD menerangkan syarat untuk melakukan Swab PCR gratis ini yaitu memiliki kartu identitas yakni KTP. Data NIK dari KTP akan langsung diinput ke dalam akun All Record.

Dr. Lia Iswara juga menjelaskan bahwa hasil dari Swab PCR ini dapat digunakan untuk skrining dan pelaporan nasional. Nantinya hasil dari tes kali ini bisa dilihat di PeduliLindungi

“Hasilnya akan keluar 1×24 jam dan hasil swab sesuai dengan standar pelaporan nasional dan dikirim pada web PeduliLindungi. Web yg resmi untuk skrining baik penerbangan, masyarakat dapat melihat hasilnya langsung melalui web Pedulilindungi. Tentu penerbangan memiliki batasan wktu 2×24 jam untuk hasil awab PCR ini sehingga hasilnya akan kami inputkan ke dalam akun itu yang terhubung langsung dengan Disdukcapil dan juga web Pedulilindungi.

Edy Ikhsan menyebutkan bahwa Swab PCR ini sendiri merupakan bakti, misi  serta pelayanan sosial USU terhadap masyarakat memperingati Dies Natalis Ke-69.

“Bagian dari pelayanan sosial yang dilakukan USU terkait dengan Dies Natalis Ke-69 USU, dan Dies Natalis FK USU. Kita berharap bahwa ini bagian daripada pelayanan sosial yang bisa membantu kemudahan dalam konteks PCR pada masyarakat,” tuturnya.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

 

Related posts

OMANTARU, Penerimaan Anggota Baru UKM Pramuka USU

redaksi

Almet hingga Bantuan Paket Internet, Benarkah USU Kampus “Ngaret?”

redaksi

Bus USU Tak Beroperasi saat Wisuda, Apa Kata Mahasiswa?

redaksi