SUARA USU
Kuliner

Pisang Kopit, Kuliner Melegenda Khas Kota Tanjungbalai

Processed with VSCO with a2 preset

Oleh : Niken Oxana Br Panjaitan

Suara USU, Medan. Tanjungbalai si kota kerang. Sudah pernah mendengar julukan ini belum? atau bahkan sudah pernah berkunjung ke kota kecil di tepi sungai Asahan ini?

Mungkin belum banyak yang tahu tentang kota Tanjungbalai yang berada di tepi sungai terpanjang di Sumatera Utara. Ada banyak hal menarik yang perlu kita ketahui tentang kota ini, khususnya di bidang kuliner.

Salah satu kuliner legendaris khas kota Tanjungbalai adalah jajanan yang diolah dari pisang, yang dinamai pisang kopit. Makanan ini cukup legendaris di kalangan masyarakat kota Tanjungbalai. Jenis pisang yang digunakan untuk membuat pisang kopit ini adalah jenis pisang kepok.

Jajanan ini dinamakan pisang kopit karena sebelum dibakar di atas bara api kecil, pisang ini terlebih dahulu dikepit atau dijepit hingga gepeng. Masyarakat Tanjungbalai terkenal dengan cara bicara menggunakan huruf vokal ‘o’ yang khas, sehingga pengucapan kata ‘kepit’ ini sering juga disebut ‘kopit’.

Pisang kopit ini disajikan dengan kuah kental yang mirip seperti kuah kolak pisang. Perpanduan rasa kuah yang manis dengan pisang yang lembut ini menjadi pasangan yang tidak diragukan lagi.

Berbicara tentang harga, kita tidak perlu khawatir. Jajanan ini dijual dengan harga yang tidak menguras kantong. Hanya mengeluarkan 5 ribu saja, kita dapat menikmati kuliner khas kota Tanjungbalai ini.

Jika tertarik untuk mencicipi nikmatnya pisang kopit ini, kamu dapat berkunjung ke kota Tanjungbalai ya! Tepatnya berada di Tanjungbalai Food Court di dekat Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah atau yang biasa dikenal lapangan pasir.

Redaktur : Elnada Nadhira Saleh


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Perkembangan Pondok Jambu!

redaksi

Minuman Berkhasiat, Teh Ayong Perniagaan Mampu Menyembuhkan Banyak Penyakit!

redaksi

Bakso Crispy Perpus USU, Sekali Coba Langsung Nagih!

redaksi