Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

PKKMB Online vs Offline, Ini Kata Mahasiswa USU

Oleh:Muhammad Randy Alamsyah

Suara USU, Medan. Isu untuk menunda pembelajaran tatap muka tahun ajaran 2021/2022 kembali santer digaungkan menyusul angka kasus Covid-19 yang kembali naik secara signifikan dalam beberapa pekan terakhir.

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) juga terancam kembali dilaksanakan secara daring seperti tahun lalu. Bagi sebagian mahasiswa, PKKMB menjadi hal yang penting untuk mendapat kesan pertama dalam mengenali kegiatan perkuliahan.

Kepada kru Suara USU beberapa mahasiswa mengungkapkan pendapatnya tentang keuntungan dan kerugian yang mereka rasakan dalam menjalani PKKMB dengan sistem daring maupun luring.

“Kalau menurutku pasti yg lebih berkesan tuh yang offline ya, soalnya kita bisa kenal langsung, jumpa langsung, bukan sama teman-teman aja tapi sama seluruh bagian dari kampus,” ungkap Afifah yang merupakan salah satu mahasiswa FKG stambuk 2020 yang sebelumnya pernah menjadi mahasiswa FKM 2019

Hal senada juga diutarakan Rafif Pratama, sebagai mahasiswa yang pernah merasakan pkkmb luring pada saat berada di Fasilkom TI Rafif merasa PKKMB luring memberikan rasa emosional yang lebih kuat karena interaksi yang dilakukan lebih intens.

Kesulitan dalam menghadapi PPKMB online juga dirasakan oleh keduanya terlebih masalah sinyal jaringan yang kadang tidak stabil, juga kesulitan untuk menjalin hubungan dan komunikasi yang kurang optimal dengan teman teman seangkatan.

Walapun begitu keduanya merasa jika memang keadaan kenaikan kasus Covid terus terjadi maka pelaksanaan PKKMB secara online merupakan opsi terbaik.

“Sebaiknya sih tetep dilaksanakan secara online, ya emang lebih berkesan kalau offline, tapi di pandemi ini lebih baik kalau PKKMB tetap seperti tahun lalu, selain untuk mencegah penyebaran Covid, kalau dilaksanakan secara online lebih efektif dan menghemat waktu,” ujar Afifah.

“Saya kira ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk segera mungkin mengakhiri pandemi ini, maka sebab itu jika ini terus terjadi tidak ada opsi lain selain PKKMB dilakukan secara online,” tutup Rafif.

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

Jalan Dr. Mansyur Kembali Banjir, Kemacetan Parah di Gerbang 1 USU

suarausu

APM Medan Sukses Gelar Nonton Bareng “KINIPAN”

redaksi

Tunjukkan Aksi Nyata Kepedulian, HIMTI FT USU Adakan Bakti Sosial

redaksi