Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Pusat Prestasi Nasional Adakan Kontes Robot Terbang Indonesia, Tim RS21 Jemput Peluang

Oleh : Sonya E. Simamora

Suara USU, MEDAN. Kontes Robot Terbang yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia disambut oleh tim RS21. Penyelenggaran kontes ini dipublikasi pada April lalu, dan pengumuman final pada 28 September-02 Oktober 2021.

Tim RS21 USU merupakan studi grup yang dibentuk atas kerja sama UKM Robotic Sikonek, dan Roletx Teknik Elektro. Tim ini terdiri dari 5 mahasiswa Fakultas Teknik, diantaranya Kurnia Agung sebagai Ketua Tim, Muhammad Andrian sebagai Kepala Devisi Desain, Adian Samosir sebagai Kepala Devisi Electical dan Control, Christian Pasaribu sebagai Pilot, serta Rahmat Setiyo sebagai Kepala Devisi Manufacture.

Dalam proses pembuatan robot terbang tim membutuhkan 3-5 bulan. Muhammad Rizki mengaku, bahwa proses pembuatan tak berjalan mulus, dikarenakan pihak rektorat sendiri kurang mendukung sepenuhnya. Karena tim masih menyandang status perintis, ditambah lagi Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang berpengalaman dalam riset.

“Menjadi perintis tim robot terbang terbilang sulit karena belum mendapat kepercayaan dari pihak rektorat, sehingga dana yang diberikan tidak disetujui penuh,” ujar Rizki.

“Pengalaman di bidang riset yang belum memadai mengakibatkan kami sering mengalami kegagalan dalam uji terbang karena kekurangan SDM dalam tim untuk bertukar pikiran,” tambahnya.

Pada evaluasi tahap 2 lalu, tim RS21 berhasil menciptakan sebuah robot terbang dengan rincian;
– Konfigurasi : Low Wing, Pushes
– Berat : 1.465 gram
– Panjang : 74 cm
– Lebar sayap : 86 cm
– Baterai : 2300 Mah, 3S, 45C
– Motor : 2200 Kv Brushless motor

Muhammad Rizki juga mengutarakan, bahwa harapannya terhadap tim bisa menaklukkan area kontes, mengharumkan Universitas Sumatera Utara, dan merekrut mahasiswa yang memiliki keahlian dalam bidang teknologi.

“Harapan saya untuk memenangkan kompetisi ini sangat besar karena dapat mengharumkan nama USU di tingkat nasional, dan apabila memenangkan bisa memicu mahasiswa yang memiliki pengetahuan dan keahlian dibidang teknologi bergabung kedalam tim ini.”

Redaktur : Wiranto Asruri Siregar

Related posts

Adakan Webinar, HMI FE USU Dorong Jiwa Entrepreneur Mahasiswa di Masa Pandemi

redaksi

Komunal Primitif, Komunitas Perkusi di USU Kerjasama dengan Kemenparekraf

redaksi

Naufal Hisyam, Ketua Umum Baru PK HIMALA USU

redaksi