Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar SUMUT Lensa

Ramadhan Camp #3 “Berbagi dan Menginspirasi”

Oleh: Wirayudha Azhari Lubis

Ramadhan adalah momen yang tepat untuk berbuat kebaikan sebaik-baiknya, karena di bulan yang mulia ini setiap kebaikan akan dibalas dengan berlipat ganda. Pada pertengahan bulan ramadhan kali ini, Sanggar Anak Sungai Deli (SASUDE), mengadakan kegiatan edukasi selama 3 hari.

Kegiatan tersebut diberi nama Ramadhan Camp. Ramadhan Camp merupakan agenda tahunan yang diselanggarakan oleh SASUDE sejak tahun 2018. Ramadhan Camp yang ke-3 kali ini berhasil mengangkat tema “Berbagi dan Menginspirasi”.

Tema ini dipilih karena hal-hal berbagi sangat berhubungan erat dengan bulan ramadhan. Adapun dari tujuan acara ini ialah sebagai wadah pemebentukan karakter dan mencari generasi baru manusia-manusia yang peduli terhadap pendidikan anak-anak pinggir sungai.

Ramadhan Camp kali ini diikuti oleh 84 orang peserta yang terdiri anak berusia hingga 7-14 tahun. Ramadhan Camp merupakan sebuah kegiatan, dimana para peserta akan mengikuti kegiatan ini selama 3 hari, dimulai dari sahur hingga kembali ber-istirahat di dalam tenda.

Selama 3 hari, para peserta akan mengikuti beberapa materi dan mengikuti beragam lomba dengan hadiah-hadiah menarik tentunya. Acara Ramadhan Camp yang dilaksanakan untuk ketiga kalinya ini juga berhasil menggaet beberapa orang untuk menjadi relawan dan kakak asuh bagi para peserta kegiatan ini. Para relawan ini berasal dari berbagai macam latar belakang, baik dari kalangan mahasiswa dan dari kalangan aktivis pendidikan.

Ramadhan Camp yang membawakan tema “Berbagi dan Menginspirasi” ini telah dibuka secara resmi pada Jum’at (30/4) lalu, dan akan berlangsung hingga Minggu (2/5) ini. Saat diwawancarai, Ketua Panitia Yusrizal menyebutkan bahwa kegiatan ini akan ditutup secara resmi pada Minggu (2/5) tepatnya setelah mengadakan buka bersama dengan para peserta, relawan, dan panitia.

Ia juga menyebutkan bahwa kegiatan ini mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak, seperti pihak kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun, hingga rekan-rekan dari Bank Indonesia yang turut bersumbangsih pada acara kali ini.

Meskipun acara ini terdengar seperti acara tahunan yang begitu formal, salah seorang peserta bernama Owen mengatakan bahwa ini merupakan acara yang seru yang dapat membuatnya berkumpul dan belajar bersama dengan kawan kawannya.

“Enak bang acaranya, bisa belajar banyak hal sama bisa juga gabung sama kawan-kawan ramai bang, banyak juga lomba-lombanya, jadi enaklah bang” pungkas Owen saat diwawancarai.

Tidak hanya para peserta yang merasa senang dengan diadakannya acara ini, para relawan pun terlihat sangat menikmati dan merasa bahagia dengan adanya acara ramadhan camp ini. Salah seorang relawan bernama Nindy mengungkapkan perasaan bahagianya dengan adanya acara ini.

“Meskipun ini bersifat volunteer gitu yang mana banyak dari kawan panitia belum aku kenal secara dekat, tapi chemistry yang dibangun itu bisa dengan cepat. Perasaan bahagia itu pun datang waktu lihat adik-adik ini senang”.

Nindy juga mengungkapkan alasannya mengapa ia ikut bergabung dalam Relawan pada ramadhan camp kali ini. Menurut nindy, tanggung jawabnya sebagai seorang mahasiswa dan sebagai putra putri pendidikan sumatera utara adalah ikut turut serta dalam pengembangan dan kemajuan pendidikan anak-anak di Sumatera Utara terkhususnya di Kota Medan.

“Saat ini mahasiswa ini sudah banyak sekali yang pintar-pintar, tapi hanya sedikit yang memiliki rasa dan sadar.”

Para relawan, peserta, maupun panitia sama-sama memiliki harapan yang sangat besar pada kegiatan mereka kali ini. Mereka berharap akan adanya ilmu yang bisa mereka bawa pulang dan kegiatan ini dapat juga bermanfaat bagi pengembangan karakter para peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Melek Sejarah, Mengenal Bangunan Bersejarah Medan

redaksi

Medan Membaca dan Kedai Sumatra Selenggarakan Nonton Bareng dan Diskusi KPK: The EndGame

redaksi

Jelang 14 Hari Ramadhan, Ini Menu Bukaan yang Tak Boleh Dilewatkan!

redaksi