SUARA USU
Kabar Kampus

Rekrutmen Terbuka UKM LPTQ USU, Siapkan Mahasiswa Berkapasitas Tinggi dalam Bidang Agama

Oleh : Alif Akbar Saragih

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) USU sedang mengadakan rekrutmen terbuka. Proses rekrutmen ini dimulai dengan pendaftaran dari tanggal 12-20 Februari melalui google form. Dilanjutkan dengan wawancara pada tanggal 21-23 Februari dan diakhiri dengan pengumuman pada tanggal 26 Februari melalui Instagram @lptqusu.

Rekrutmen kali ini terbuka untuk mahasiswa/i muslim USU stambuk 2020-2021 yang memiliki minat dan bakat di bidang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), serta memiliki komitmen untuk menjalankan aktivitas di LPTQ USU.

Persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mengikuti rekrutmen ini ialah mahasiswa/i muslim USU stambuk 2020/2021, dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, memiliki minat dan bakat di bidang MTQ, mengikuti Instagram @lptqusu dan @nasyidabsyarlptqusu, berkomitmen mengikuti seluruh aktivitas di LPTQ USU, mengikuti seluruh proses perekrutan, serta menyertakan masing-masing 1 lembar pas poto 3×4 dan fotokopi KTM/KTMS pada formulir pendaftaran.

“Secara umum, LPTQ USU merupakan bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa USU yang mencoba untuk menjembatani mahasiswa yang dekat dengan Al-Qur’an. Dimana seluruh mahasiswa muslim USU bisa ikut andil dan bergabung di LPTQ USU supaya mampu meningkatkan keilmuan di bidang Al-Quran dan sebagainya,” jelas Zaki.

Selain itu, Zaki juga menjelaskan beberapa kegiatan rutin yang dilakukan oleh LPTQ USU yaitu ngaji bareng (Al-Kahfi Time di malam Jum’at dan Yasinan jika ada yang mengalami musibah), pembinaan minat dan bakat pada bidang yang dipilih (seperti tilawah, tartil, khattil, fahmil, dan lainnya), serta sharing time bersama family gathering.

Dalam pembagian divisi, LPTQ USU memiliki empat bidang yaitu Tarbiyah (pengajaran), Silaturrahmi, Musabaqah (perlombaan), dan Nasyid. Terkait biaya pendaftaran, Zaki menuturkan bahwa rekrutmen terbuka ini tidak dipungut biaya.

“Tidak ada pungutan biaya untuk bergabung di LPTQ USU, semua mahasiswa muslim yang berminat untuk mengembangkan bakat di bidang Al-Qur’an boleh bergabung,” tuturnya.

Di akhir wawancara, Zaki menyampaikan harapannya untuk rekrutmen terbuka kali ini.

“Saya berharap open recruitment ini mampu menyiapkan mahasiswa yang berkapasitas tinggi sebagai intelektual, bukan hanya dalam urusan dunia akan tetapi juga urusan agama. Terutama dalam mempelajari Al-Qur’an sebagai pedoman umat manusia,” tutupnya.

Redaktur : Elnada Nadhira Saleh

Related posts

Sempat Vakum, Basket Fakultas Psikologi USU Laksanakan Pergantian Kepengurusan dan Pendaftaran Terbuka!

redaksi

M. Iqbal Harefa: Menjadi Presiden Mahasiswa Itu Gak Enak

redaksi

PEMA Fakultas Hukum Ajak 3 PEMA Fakultas Lainnya Serahkan Kajian Bersama tentang BPIP

redaksi