SUARA USU
Kuliner

Sala Lauak, Cemilan Khas Pariaman Yang Wajib Kamu Coba

Oleh : Ananda Putri

Suara USU, Medan. Kalau ngomongin soal kuliner, Sumatra Barat sudah pasti juaranya. Kali ini bukan rendang, tapi yang satu ini namanya sala lauak, siapa yang tidak kenal dengan sala lauak? makanan khas Pariaman yang lamak rasonyo. Sala lauak juga menjadi salah satu ikon pariwisata Kota Pariaman, secara tidak langsung ketika orang menyebut sala lauak, maka otomatis akan ingat dengan Pariaman.

Bentuknya sebesar bola pingpong, aromanya khas, rasanya yang renyah dan gurih membuat siapa pun ketagihan untuk terus mencobanya. Kenikmatan Sala Lauak sudah tercium dari aromanya yang khas, karena irisan daun kunyit dalam Sala Lauak begitu mengundang selera.

Sala Lauak adalah gorengan yang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung beras, cabe, kunyit, bawang-bawangan, garam, serta ikan asin. Meskipun ada ikan asinya namun Sala Lauak ini asinnya tidak begitu mendominasi. Semua bahan dihaluskan dan dibentuk bulat seperti bola pingpong.

Saat menggoreng Sala Lauak harus menggunakan minyak yang benar-benar panas. Goreng hingga berwarna kuning kecoklatan atau golden brown, lalu tiriskan dan jadilah Cemilan Sala Lauak. Memang lebih mantap dimakan selagi panas. Ketika mencicipinya pertama akan merasakan tekstur renyah dibagian luarnya, kemudian bagian dalamnya lebih lembut akan terasa asin dan gurih, dengan cita rasa ikan asin yang menyeruak dalam mulut. Hidangan ini memang sangat lezat sehingga membuat lidah ini ingin terus mencicipinya.

Sala Lauak dapat disantap dengan lontong sayur, sate, mie goreng, nasi goreng, dan makananan lainnya. Bisa juga dimakan sebagai cemilan, sangat pas untuk menemani kamu mengerjakan tugas. Apalagi harganya sangat nyaman di kantong mahasiswa, dijual dengan harga RP500 perbuahnya sudah pasti kenyang makan Sala Lauak.

Nah kalau berkunjung ke Pariaman jangan  lupa beli Sala Lauak ya..! Ini merupakan list wajib yang tak boleh ketinggalan. Karna akan lebih nikmat makan si bola pingpong ini di tempat asalnya.

Redaktur : M. Wirayudha Azhari Lubis


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kue Rasidah, Si Manis Khas Melayu

redaksi

Bakso Crispy Perpus USU, Sekali Coba Langsung Nagih!

redaksi

Yuk Cobain, Telur Gulung Perpustakaan Ramah Kantong Mahasiswa

redaksi