SUARA USU
Kabar Kampus

SCORA PEMA FK USU Adakan Webinar Kesehatan Mental dan Upaya Penurunan Penularan Covid-19

Reporter : Nazila Humaira

Suara USU, MEDAN. Pengabdian masyarakat SCORA PEMA FK USU mengadakan webinar dengan mengangkat dua topik, yaitu The Importance of Protecting Mental Health during Covid-19 Pandemic, yang di bawakan oleh dr. Mustafa M. Amin dan Keys to End The Covid-19 Pandemic, yang di sampaikan oleh dr. Putri Chairani Eyanoer melalui Zoom Meeting pada Sabtu, (06/11/2021).

Pada sesi pertama, dr. Mustafa M. Amin menjelaskan materinya mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental selama pandemi Covid-19. Ia menjelaskan selama hampir dua tahun menjalankan semua aktivitas di rumah dan merasakan tidak nyaman dalam menjalani masa pandemi dapat mengganggu kesehatan jiwa.

“Covid-19 dapat memberi dampak terhadap kesehatan jiwa contohnya, pasien-pasien yang terdampak Covid-19 dapat mengalami gangguan stres paska trauma, depresi,dan lain-lain. Sebelumnya, gangguan jiwa ini kurang menjadi perhatian pemerintah maupun diri sendiri karena mementingkan kesehatan fisik, padahal kita tahu bahwa tidak ada kesehatan tanpa adanya kesehatan mental,” jelas dr. Mustafa.

Sesi selanjutnya di bawakan oleh dr. Putri Chairani Eyanoer yang membahas kunci untuk mengakhiri pandemi Covid-19. Di indonesia lonjakan terkena Covid-19 terjadi pada bulan Januari s.d Februari 2021 karena adanya liburan natal dan tahun baru. Puncak lonjakan ke dua terjadi pada bulan Juli yang di akibatkan oleh varian delta Covid-19 dan sekarang terjadi penurunan yang cukup signifikan, sehingga beberapa orang sudah mulai di beri izin berpergian ke luar negeri.

“Tetap ingat bahwa bukan karena sudah vaksin kita sudah bebas melakukan apa saja. Karena Covid-19 ini sangat berbeda dengan penyakit cacar. Bila kita terpapar penyakit cacar maka kemungkinan kita terpapar kembali sangat kecil. Namun, bila kita terpapar Covid-19 kemungkinan kita bisa terpapar Covid-19 lagi,” ungkap dr. Putri.

Pada sesi terakhir, dr. Putri juga memberikan beberapa hal yang penting di lakukan dan di ingat oleh masyarakat agar tercapainya penurunan penularan Covid-19. “Sebagai masyarakat yang kita harus lakukan adalah menjaga dan menjalankan protokol kesehatan 3M yaitu, memakai masker, menjaga jarak,dan mencuci tangan, kemudian Pemerataan vaksinasi, peningkatan 3 T yaitu, test, tracing, dan treatment, serta mengingatkan teman, keluarga, atau pun orang lain untuk menjalankan protokol kesehatan,” tutup dr. Putri.

Azzahra Sekar selaku ketua panitia menyampaikan tujuan dan harapannya terhadap diadakannya webinar ini agar bisa menjadi sarana edukasi untuk masyarakat, “Webinar ini di adakan sebagai sarana edukasi untuk masyarakat awam dengan mengangkat topik menjaga kesehatan mental selama pandemi Covid-19. Selain itu, webinar ini juga mengedukasi bahwa masyarakat juga memegang peran yang sangat penting sebagai kunci keberhasilan dalam mengakhiri pandemi Covid-19 ini. Besar harapan saya agar ilmu yg di pelajari dari webinar ini dapat bermanfaat dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir.”

Redaktur: Wiranto Asruri Siregar


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Serba-serbi Pelaksanaan PPKMB dari Sudut FIB USU

redaksi

Dekan Sampaikan Track Record 1 Tahun FKM USU dalam Acara Puncak Dies Natalis

redaksi

IMASPERA Sukses Laksanakan ‘Ramadhannya MSP’ yang Kedua

redaksi