SUARA USU
Opini

Seberapa Penting Kantin Pada Area Kampus?

Sumber foto: instagram.com/cafenomics.feb

Reporter : Miranti Perangin Angin

Suara USU, Medan. Semua mahasiswa baik dari kalangan atas maupun bawah tentu pernah duduk dan makan di kantin kampus. Kantin merupakan solusi bagi mahasiswa dan warga kampus ketika sedang mencari sumber tenaga baik itu makanan atau minuman.

Universitas Sumatera Utara memiliki agenda besar dengan mengusung visi menjadi “World Class University”. Segala program dipersiapkan dengan matang dalam mencapai target tersebut. Berbagai program yang dirancang antara lain yaitu “EXIST Program” (Excellent Human Integrity, Smart Friendly and Green Campus, Global Society Impact, Good University Governance, dan Sustainable Funding), yang bertujuan agar para lulusan USU dapat bersaing di tengah persaingan global pada era Revolusi Industri 4.0.

Tetapi, di USU sendiri, tidak semua fakultas memiliki kantin. Dari 16 fakultas masih terdapat beberapa fakultas yang tidak memiliki kantin, contohnya : Fakultas Psikologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Vokasi, dll. Padahal kampus memiliki area yang cukup luas untuk membangun kantin sekaligus alasan para mahasiswa sangat membutuhkan kantin pada setiap fakultas agar mudah menjangkaunya.

Peran penting kantin untuk mahasiswa dalam area kampus, antara lain:

    1. Menghemat pengeluaran

     Pada umumnya kantin menyediakan makanan dan minuman dengan harga yang nyaman di kantong mahasiswa. Mahasiswa juga jadi lebih irit karena tidak mengeluarkan biaya bensin jika harus membeli makanan diluar kampus dan dibandingkan juga dengan membeli makanan secara online maka akan lebih mahal daripada membeli makanan di kantin. Oleh karena itu, kantin dapat mengurangi pengeluaran warga kampus.

    1. Tempat bersosialisasi dan berinteraksi

     Kantin juga memiliki fungsi sebagai tempat bersosialisasi antara warga kampus, biasanya kantin menjadi salah satu tempat favorit mahasiswa untuk berinteraksi diluar kegiatan akademis. Tak jarang kantin menjadi saksi bisu keseruan para mahasiswa karena sering menjadi tempat istirahat, bertukarnya informasi, dan tempat berbagi canda gurau.

    1. Penunjang pembelajaran

     Terkadang peran dari kantin terlihat simpel, padahal kantin menjadi salah satu penunjang penting dalam proses pembelajaran. Sebab, mahasiswa tidak akan bisa fokus belajar jika dalam kondisi lapar atau haus. Tak jarang mahasiswa menahan rasa lapar dan haus karena sulitnya menjangkau tempat membeli makanan, sebab tidak semua mahasiswa memiliki kendaraan dan juga terkadang karena sedikitnya waktu yang tersedia ketika pergantian kelas.

    1. Menghindari makanan tidak sehat

     Kampus dapat memberikan aturan pada setiap kantin untuk menyediakan makanan dan minuman yang sesuai standar kesehatan, sehingga mahasiswa dapat mengkonsumsi makanan yang layak, sehat, dan bergizi.

Dengan melihat beragamnya manfaat yang diberikan oleh adanya kantin, menjadikan kantin mempunyai peran penting dan positif pada area kampus akan terciptanya lingkungan kampus yang baik pula. Maka dari itu, diharapkan segera adanya pemerataan kantin pada area kampus yang dapat dengan mudah dijangkau oleh para mahasiswa sekaligus mendukung target USU menjadi top 500 universitas terbaik dunia pada akhir tahun 2024.

Redaktur : Khalda Mahirah Panggabean

Related posts

RSDC Wisma Atlet Telah Ditutup, Pemerintah Berusaha Meningkatkan Ketahanan Sistem Kesehatan Nasional

redaksi

BEM Lain Lantang Bersuara, PEMA USU ke Mana?

redaksi

Kilas ke Belakang, Langkah ke Depan: Refleksi Akhir Tahun Mahasiswa

redaksi