SUARA USU
Kabar Kampus

Semakin Tergeser, Yuk Sadar Kembali Pentingnya Pendidikan Pancasila Bagi Mahasiswa USU

Suara USU, Medan. Maman Rachman pernah menyatakan bahwa Pendidikan tentang pancasila memegang peranan penting dalam membentuk kepribadian mahasiswa di perguruan tinggi. Setelah lulus dari perguruan tinggi, diharapkan para mahasiswa ini tidak sekedar berkembang daya intelektualnya saja namun juga sikap dan perilakunya.

Namun, pada masa kini, kerap kali kita menyepelekan pentingnya pendidikan pancasila. Akibatnya apa? Tidak ada lagi toleransi, empati hanya sebatas imajinasi, dengki dan iri pun semakin menghiasi.

Maka dari itu, dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila, Fajar Utama Ritonga S.Sos, M.Kesos mengajak para mahasiswa untuk sadar kembali akan urgensi pendidikan pancasila dengan melakukan suatu Project Based Learning.

Pada kesempatan kali ini, tim penulis berkesempatan untuk membuat kegiatan dalam bentuk FDG/ Wawancara dengan objek wawancara yaitu beberapa mahasiswa USU stambuk 2021 lainnya. Mini project ini kemudian di upload ke youtube dengan link https://youtu.be/CYnAbpw45f0 untuk dinikmati bersama oleh kalangan mahasiswa.

Dari hasil wawancara memang terbukti bahwa pendidikan pancasila ini tergolong genting dan penting. “Menurut saya, pentingnya pendidikan pancasila penting diajarkan lagi itu supaya anak anak muda ini menanamkan nilai-nilai pancasila, baik diluar kampus maupun didalam kampus. Mungkin kalau orang-orang yang tidak mengerti pancasila itu kadang ada yg tidak bisa menghargai perbedaan, misalnya berbeda suku jadi aling membully satu sama lain. Jadi dengan diajarkannya pendidikan pancasila itu anak anak mengerti soal pentingnya perbedaan itu, kita itu tidak sendiri di dunia ini, kita berdampingan dengan orang lain,” Ujar Dicky Hermawan, salah satu narasumber dari Fakultas Hukum USU.

Dari hasil wawancara yang sudah diupload di link terkait, hampir semua narasumber memiliki jawaban yang sama yaitu pendidikan pancasila ini penting diajarkan karena nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.

Disamping itu, dilihat dari segi pengajaran, sadar tidak sadar, cara yang digunakan oleh Fajar Utama Ritonga S.Sos, M.Kesos untuk menggali ilmu seperti ini sebenarnya membuat mahasiswa semakin excited dalam pembuatan project. Selain membuat mahasiswa semakin kompak, pembuatan kelompok-kelompok dalam penyelesaian tugas juga akan mempermudah dan membantu mahasiswa mendapatkan nilai maksimal dalam penyelesaian tugas atau project.

Harapannya, setelah melihat, mengerjakan, dan menikmati tulisan ataupun video dengan link diatas, kita bisa semakin sadar dan paham akan pentingnya pendidikan pancasila khususnya dikalangan muda. Yuk, kembalikan nilai dasar pancasila. Kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi!

Tim Penulis:

Juthe Arvandana (210200388)
Ratna Sari Zai (211501039)
Nafira Demeliani Pazsa (210805080)
Yemima Melinda Barus (210200345)
Muzayyana Madiha (210802029)
Uria Utari Sinuraya (210903114)

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Bank Indonesia Adakan BIncang Rupawan 2023

redaksi

Tingkatkan Pemahaman tentang Permedikbudristek No.30 Tahun 2021, PEMA FH USU Kolaborasi dengan GMNI FH USU Adakan Webinar

redaksi

Menumbuhkan Semangat Usaha, HMI Komisariat FEB USU adakan Webinar Entrepreneur and Digital Marketing

redaksi