SUARA USU
Kabar Kampus Kabar SUMUT

Siap Menjadi Jembatan Persuasif Bidang Perpajakan, Relawan Pajak USU dan 7 Universitas Lainnya Dikukuhkan

Oleh : Syahfira Insani Agustin

Suara USU, Medan. Sebanyak 200 mahasiswa dari Tax Center Universitas Sumatera Utara dan 7 tax center universitas lainnya yang berada di lingkungan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I dikukuhkan sebagai Relawan Pajak 2022 pada, Jumat (25/2) secara hybrid di Kanwil DJP Sumut I dan juga melalui zoom meeting. Meskipun dilakukan secara hybrid, namun pengukuhan secara simbolis juga dilakukan dengan menghadirkan 2 orang perwakilan yang merupakan lulusan terbaik dari seluruh rangkaian proses rekrutmen relawan pajak di Kanwil DJP Sumut I yaitu Osti Lisbet Sopran (USU) dan Gia P. Sembiring (Politeknik WBI).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pengukuhan relawan pajak tahun ini dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DJP Sumut I, Eddi Wahyudi. Dalam sambutannya, Eddi mengucapkan terima kasih kepada pihak tax center, konsultan pajak dan tokoh masyarakat yang telah mengikuti dan mendukung program ini.

“Kegiatan relawan pajak ini merupakan kegiatan yang berkesinambungan yang sudah terlaksana dari tahun 2017 sebagai salah satu bentuk kolaborasi dari DJP, tax center, dan tokoh masyarakat, untuk nantinya mahasiswa maupun tokoh masyarakat yang terpilih sebagai relawan pajak dapat  mengedukasi dan melayani masyarakat terkait hak dan kewajiban perpajakan itu sendiri, terutama dalam hal pengisian SPT Tahunan orang pribadi 2021 melalui e-filling, dan dapat menjadi nilai tambah untuk anda, para relawan pajak yang nantinya juga akan menjadi future tax payers bagi negara ini,” ujarnya

Eddi juga berharap para relawan pajak yang telah dikukuhkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Sehingga kegiatan ini dapat dijadikan sebagai arena pembelajaran dalam menghadapi dunia kerja dan melayani masyarakat.

Tahun ini relawan pajak yang dikukuhkan berasal dari Universitas Sumatera Utara (USU), UMSU, Universitas Pembangunan Panca Budi, Universitas Methodist Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, UMN Al Washliyah Medan, Politeknik WBI dan Politeknik Negeri Medan. Jumlah relawan tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 165 orang, bukan tanpa alasan, penambahan kuota relawan pajak tahun ini berkaitan dengan bertambahnya tugas relawan pajak yaitu program pengungkapan sukarela (PPS) yang merupakan amanat dari UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP). 

Tahun ini tax center USU mendapat kuota sebanyak 40 orang mahasiswa yang menjadi relawan pajak dan berasal dari berbagai fakultas yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Psikologi, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Budaya  dan Fakultas Matematika IPA. Adapun 40 orang relawan pajak dari USU tahun ini, 20 orang diantaranya akan bertugas di KPP Pratama Medan Polonia, 10 orang di KPP Pratama Belawan dan 10 orang lainnya di KPP Pratama Binjai.

Redaktur : Fitri Dian Jannah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Sambut Mahasiswa Baru, K3MI Al-Hadid FT USU Gelar Acara Silaturahmi Sesama Mahasiswa Muslim Teknik USU

redaksi

SGC USU Adakan Webinar Kepenulisan Bertajuk “How To Find Your Colour In Writing?”

redaksi

Alliance Francaise Medan Adakan Nonton Film Gratis Guna Memperkenalkan Budaya Prancis ke Indonesia

redaksi