SUARA USU
Sosok

Talenta Baru dari Etnomusikologi USU, Mari Berkenalan dengan Eygra Sinuhaji

Reporter: Mutiara Damanik

Suara USU, Medan. Christ Eygra Carbina Sinuhaji atau yang akrab disapa Eygra merupakan gadis berbakat di bidang tarik suara. Ia merupakan mahasiswi angkatan 2023 di Program Studi S1 Etnomusikologi Fakultas Ilmu Budaya USU. Eygra memiliki banyak prestasi di bidangnya ini. Apa saja? Yuk, simak yang berikut ini!

Gadis kelahiran 1 Desember 2005 ini, pernah mengikuti audisi Idola Cilik pada tahun 2015, namun hanya sampai audisi di Jakarta. Pada tahun 2016 ia mengikuti ajang The Voice Kids dan meraih juara keempat dari tim Agnez Mo. Baru-baru ini ia juga mengikuti ajang The Indonesian Next Big Star. Ajang ini dibintangi oleh Rossa, Judika, Bobby iKON dan DK iKON sebagai juri. Perjalanan Eygra di ajang ini sampai pada babak sing off yang ditayangkan secara langsung di saluran RCTI+ pada awal September lalu.

Eygra suka bernyanyi sejak berusia 5 tahun. Ia tertarik di bidang tarik suara karena terinspirasi oleh kakak sulungnya. Kakak sulungnya ini juga pernah mengikuti ajang Idola Cilik dan mendapatkan banyak tawaran job selepas dari ajang tersebut. Eygra sering menemani dan melihat kakaknya manggung sana-sini. Ia merasakan keseruan ketika sang kakak tampil. Dari sanalah muncul inspirasi untuk turut terjun di bidang yang sama dengan sang kakak.

Di sisi lain, Eygra juga memiliki masa-masa sulit. Ia kehilangan sosok ayah sejak kecil. Ibunya menikah lagi dan hidup dengan keluarga baru. Eygra pun diasuh oleh bibinya, namun tetap berhubungan dengan ibunya. Eygra mengaku terkadang sedih karena sejak sekolah ia selalu melihat teman-temannya yang bersama orang tuanya sementara dirinya tidak. Bibi dan ketiga saudaranyalah yang menjadi semangatnya.  Bibinya menjadi sosok yang melihat talenta Eygra dalam menyanyi. Eygra kerap kali menjuarai lomba-lomba menyanyi, bibinya pun menyarankannya untuk ikut audisi.

Sejalan dengan passion dalam menyanyi, Eygra juga ingin fokus pada pendidikan. Hal ini juga terinspirasi dari kakak sulungnya yang tak hanya berbakat dalam menyanyi, namun juga berprestasi di bidang pendidikan. Salah satu prestasi kakaknya yaitu merupakan lulusan terbaik Universitas Brawijaya pada tahun 2022.

Eygra mengetahui jurusan Etnomusikologi dari teman kakaknya. Awalnya ia ingin mengambil jurusan Psikologi dan Ilmu Komunikasi. Namun akhirnya ia berlabuh pada Etnomusikologi. Eygra belajar secara mandiri tanpa les dan lulus di jalur UTBK-SNBT 2023.

Dalam waktu dekat, Eygra berencana mengikuti ajang kompetisi menyanyi lainnya seperti Indonesian Idol dan X Factor. Eygra juga tertarik mengikuti kedutaan kampus. Ia tengah mencari informasi-informasi tentang kedutaan Ia ingin mengharumkan nama Etnomusikologi USU dan menjadi mahasiswa berprestasi.

“Ada masanya kita pernah mengalami masa-masa sulit, tapi percayalah kalau kita tetap semangat dan pantang menyerah, ada saat-saat dimana kita bisa berhasil,” pesannya.

Redaktur: Anna Fauziah Pane

Related posts

Nadhira Afifa, Sosok Wanita Inspiratif yang Masuk Daftar Wanita Muslim Paling Berpengaruh di Dunia 2023

redaksi

Rony Si Sweet Rocker yang Berhasil Keluar Sebagai Juara III Idol Musim XII

redaksi

Gaya Wes Anderson Lagi Tren, Siapakah Dia?

redaksi