SUARA USU
Kabar Kampus

Terpilih Sebagai Ketua SAPMA PP FIB, Josia Sihombing Harap Adanya Kerja Sama Antar Organisasi

Reporter: Fadilla Shafira

Suara USU, Medan. Musyawarah Sub Komisariat Satuan Siswa, Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Fakultas Ilmu Budaya sukses terlaksana pada Jumat (8/7) lalu, secara offline di gedung H FIB USU.  Musyawarah ini dihadiri oleh pengurus Komisariat Pemuda Pancasila Universitas Utara, demisioner pengurus Sub-Komisariat Pemuda Pancasila Fakultas Ilmu Budaya, dan seluruh anggota Sub-Komisariat Pemuda Pancasila Fakultas Ilmu Budaya. Melalui musyawarah ini, Josia Sihombing selaku mahasiswa Sastra Inggris stambuk 2019, terpilih sebagai ketua SAPMA PP FIB periode 2022/2023.

SAPMA PP adalah salah satu OKP (Organisasi Kepemudaan) yang merupakan anak organisasi dari ORMAS (Organisasi Kemasyarakatan) Pemuda Pancasila. Tujuan dari dibentuknya SAPMA sendiri, yaitu mengajak kaum intelektual untuk ikut dalam melindungi ideologi negara kita, yaitu Pancasila dari paham yang tak sesuai, serta mengamalkan Pancasila itu sendiri. Kegiatan SAPMA adalah menjaga kelestarian Pancasila dan juga mengamalkan sila-silanya. Di samping itu SAPMA juga aktif di berbagai kegiatan, seperti di bidang sosial, pendidikan, dan juga kebudayaan.

Visi dari Josia Sihombing adalah menjadikan SAPMA PP FIB USU sebagai tameng utama Pancasila terkhususnya di Fakultas Ilmu Budaya USU, serta menjadikan SAPMA PP FIB USU sebagai wadah untuk menampung aspirasi dan kreativitas mahasiswa FIB USU. Josia juga mengungkapkan misinya, yaitu menguatkan pemahaman ideologi Pancasila kepada mahasiswa FIB, aktif dalam kegiatan sosial, serta melaksanakan kegiatan-kegiatan berbau kebudayaan mengingat kita adalah mahasiswa dari Fakultas Ilmu Budaya. Josia juga memiliki harapan agar ke depannya SAPMA PP FIB USU bisa lebih aktif lagi mengikuti dan mengadakan kegiatan kemahasiswaan di FIB.

Selain itu, dia juga mengungkapkan harapannya pada kerjasama SAPMA PP FIB dengan organisasi dan UKM lain yang ada di Universitas Sumatera Utara, termasuk SUARA USU.

”Melalui kawan-kawan pers mahasiswa, saya juga berharap agar terjadinya hubungan dan kerja sama yang baik dengan kawan-kawan dari organisasi lain, baik itu pers sendiri, PEMA FIB USU, serta organisasi-organisasi internal maupun eksternal yang ada di FIB,” ungkap Josia.

Harapan yang diungkapkan Josia sendiri sejalan dengan harapan para anggota terhadap ketua Sub Komisariat yang baru. “Harapan kami tentunya, ketua yang baru bisa memperlancar jalannya roda organisasi baik di tingkat fakultas maupun di Universitas dan tetap semangat menjalankan program kerja sampai akhir masa jabatan,” ungkap Raihan salah satu anggota SAPMA PP FIB.

Redaktur: Salsabila Rania Balqis


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Perdana! Scenic Festival 1.0 Berhasil Dilaksanakan

redaksi

Merajut Jurnalis Kreatif Masa Kini, LPM Teropong Adakan PJTD

redaksi

USU Student Olympiad 2023 Telah Dibuka

redaksi