SUARA USU
Kabar Kampus

Tingkatkan Kesadaran Investasi Untuk Mahasiswa, Pema FPSi USU Adakan Webinar Investasi Untuk Masa Depan

Oleh : Roy Blesson Siboro

Suara USU, Medan. PEMA FPSI USU melalui Departemen Unit Usaha Mahasiswa mengadakan seminar yang digelar secara online dengan tajuk “How To Make Money Work For Us : Investasi Untuk Masa Depan Cemerlang”, acara ini dilaksanakan melalui zoom meeting pada Sabtu, (04/12) ini menghadirkan narasumber yang telah lama berkecimpung di dunia investasi.

“Acara ini merupakan salah satu dari program kerja Departement UUM,” ujar Hafni Hasdiantry selaku Kepala Departemen UUM mengawali sambutannya, acara kemudian dilanjut dengan kata sambutan dari Wakil Dekan Fakultas Psikologi yaitu bapak Eka Danta Jaya Ginting S.Psi,MA sekaligus untuk membuka kegiatan.

Kepribadian proaktif dan pola kewirausahaan, variabel proaktif adalah kunci dalam melakukan wirausaha, PIO (Psikologi Industri Organisasi) banyak menyoroti tentang perilaku kewirausahaan, ketidakberanian keluar dari zona nyaman dan mental mengemis pekerjaan yang masih tertanam, konatif tidak harus selalu diawali dengan kognitif, tapi kognitif adalah langkah awal untuk melakukan konatif karena langkah yang diambil harus selalu dengan pertimbangan kognitif,” ungkap Eka.

Narasumber yang dihadirkan adalah Jimmy Auboerny, S.E yang saat ini menjabat sebagai Development Manager MNC Sekuritas Medan dan juga seorang fulltime trader, Jimmy dalam pemaparannya menjelaskan jika dunia terus berubah dan menuntut perubahan sehingga manusia harus mengikuti perubahan tersebut,

“The world has changed, dahulu Nokia tidak pernah mengira mereka akan bangkrut dan dikalahkan android, bos Nokia mengatakan kalau mereka tidak pernah membuat kesalahan tapi harus kalah oleh persaingan pasar,ujar Jimmy.

Jimmy juga menuturkan kalau investasi dengan bursa saham dulu dan sekarang sangat berbeda, dulu kalau ingin membeli saham harus datang ke kantor saham yang ramai dan berdesakan, namun dengan meningkatnya teknologi saham kini bisa dibeli dimanapun melalui gadget, Jimmy juga menceritakan pengalamannya ketika terjun ke pasar modal Indonesia dan mendapat pekerjaan disana.

Jimmy kemudian membagikan tips untuk berinvestasi sedari dini diantaranya adalah belajar investasi dari berbagai sumber, kemudian memulainya dengan modal yang kecil, kemudian juga harus disiplin dalam berinvestasi dilanjut dengan untuk memilih saham dengan fundamental dan likuiditas yang tinggi dan terakhir fokus pada saham market leader.

Saham berbeda dengan kripto, dalam investasi saham kita bisa melihat dengan jelas naik dan turunnya pasar dari semua data yang disajikan, kripto kita tidak tau indikator apa yang mempengaruhi naik dan turunnya”, tutup Jimmy.

Redaktur: Yessica Irene

 

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Penyuluhan Kesehatan Lansia “Pola Hidup Sehat Bagi Lansia” Di Kelurahan Parapat Sumatera Utara

redaksi

Fahreza, Ketua Umum Baru HMJ KBSI Harapkan Lahirnya Inovasi-Inovasi Baru pada Kepengurusannya

redaksi

PEMA FKG USU Berhasil Adakan Pelatihan Hands On

redaksi