SUARA USU
editorial

Tips Fokus UAS di Tengah Libur Natal Serta Tahun Baru

Oleh: Greciana Margarethe Sinaga

Suara USU, Medan. Libur bersama Natal serta Tahun Baru telah menanti. Kegembiraan liburan dan waktu istirahat sudah hampir terasa, tetapi hal tersebut dapat membuat mahasiswa sulit untuk fokus karena adanya jadwal Ujian Akhir Semester (UAS) di tengah libur Natal serta Tahun Baru.

Fokus untuk persiapan ujian akhir semester dan mengerjakan tugas akhir membuat masa liburan tidak hanya digunakan untuk bermain saja sehingga menimbulkan kegelisahan antara ujian dan kegembiraan liburan, ini terjadi sebab ujian merupakan hasil kerja keras kita selama ini, dan tidak bisa dilakukan setiap hari.

Rasa gelisah yang timbulmemberikan dampak negatif terhadap ujian yang akan dilakukan. Emosi yang fluktuatif tentu saja dapat memengaruhi hasil ujian yang akan berdampak pada penurunan nilai akademik. Sehingga dapat merasa sulit sekali untuk berkonsentrasi padahal telah belajar dengan cukup baik sebelum ujian.

Beberapa tips agar dapat mengatasi kegelisahan menjelang ujian di tengah liburan

  1. Bentuk pola belajar yang baik

Rasa cemas serta gelisah dalam menghadapi ujian, di dominasi oleh ketidaksiapan dalam penguasaan materi. Oleh karena itu, salah satu cara efektif untuk menghindari hal itu dengan membangun pola belajar yang baik, sesuai dengan gaya belajar. Bentuklah jadwal yang mampu dilakukan dengan konsisten. Menguasai materi dengan baik sehingga dapat membuat pikiran lebih tenang dalam mengerjakan soal.

2. Hindari SKS

Istilah SKS (Sistem Kebut Semalam) sudah tidak asing di kalangan mahasiswa yang merujuk dengan kebiasaan belajar yang menghabiskan seluruh materi pelajaran hanya dalam satu malam. Sistem SKS ini sangatlah tidak disarankan. Apalagi jika materi yang harus dipahami begitu banyak yang justru akan membuat kelelahan. Sepatutunya, mulai cicil belajar dari awal periode, sedikit demi sedikit pahami materi, hingga dapat menguasai seluruh materi.

 3. Tidur yang cukup

Selain untuk selalu menjaga kesehatan, tidur yang cukup dapat membantu untuk mengurangi rasa gelisah. Tidurlah selama 7-9 jam per hari. Tidur yang cukup akan membuat badan lebih bugar dan pikiran tenang dalam pekan ujian.

  1. Rileksasi pikiran

Berikan stigma positif pada diri agar semakin rileks dalam menghadapi ujian dan membantu membuang rasa cemas. Pikirkan tentang nilai bagus yang akan didapatkan, liburan menyenangkan bersama keluarga setelah ujian, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, performan dalam ujian akan jadi lebih baik.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa teman-teman coba terapkan, selamat UAS semoga hasil yang didapatkan sesuai dengan usaha yang telah kita korbankan!!

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Ketika Perempuan Disubordinasikan dalam Aspek Ekonomi

redaksi

Banjir Kritik, eFootball 2022: Ketika Harapan di Balas dengan Kekecewaan

redaksi

Gampang Terdistraksi, Kembalikan Fokusmu Dengan Cara Ini

redaksi