SUARA USU
editorial

Gampang Terdistraksi, Kembalikan Fokusmu Dengan Cara Ini

Oleh    : Tamara Ceria Sairo

Suara USU, Medan.  Bicara mengenai fokus, mungkin kita pernah merasakan susahnya mengerjakan sesuatu karena gangguan pikiran yang menyebalkan. Ketika pikiran kita sedang bekerja, ada banyak hal akan berseliweran tanpa bisa kita kendalikan, seperti terbayang empuknya tempat tidur, aroma makanan, film yang baru kita tonton, ataupun kejadian yang lewat di depan mata. Hal ini lah yang membuat kita sulit fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Kita tentu pernah terdistraksi tentunya sudah menjadi  hal yang normal terjadi setiap hari. Ingin menyelesaikan tugas A, namun notifikasi sosial media langsung membuyarkan pikiran. Ingin menyelesaikan tulisan, tapi terganggu dengan musik yang diputar. Nah, hal-hal seperti ini ternyata bisa dihindari, lho. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan bagi orang-orang yang gampang banget terdistraksi.

  1. Menyusun to-do list. Sebelum memulai suatu pekerjaan, pastikan dulu kamu menulis daftar tugas yang akan dikerjakan sepanjang hari itu. Caranya adalah tulis di notes HP ataupun di sticky notes. Hal ini akan sangat membantu bagi kamu yang gampang lupa dan membantumu untuk lebih terstruktur dan produktif sepanjang hari.
  2. Batasi penggunaan HP saat bekerja. Notifikasi akan sangat mengganggu dan memecah fokus atau atensi kita. Maka, pastikan handphonemu dalam mode silent atau bila perlu simpan dan non-aktifkan gadgetmu agar kamu tidak terdistraksi dengan notifikasi.
  3. Ciptakan suasana nyaman di sekitarmu. Ruangan yang rapi akan membuat kita nyaman dalam mengerjakan sesuatu. Nah, fokus kita akan teralihkan jika meja belajar kita berantakan. Akan membutuhkan waktu lebih untuk membereskannya ditambah dengan niat mengerjakan tugas yang sudah berkurang.
  4. Do one thing at a time. Mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu hanya akan memecah fokus kita yang berakibat semua pekerjaan menjadi tidak maksimal. Susun skala prioritas untuk tugas-tugas yang ingin dikerjakan. Kerjakan dimulai dari yang paling penting dan mendesak.
  5. Istirahat yang cukup. Kesehatan fisik dan pikiran juga diperlukan untuk melatih fokus dari berbagai distraksi. Kalau memang pikiran kita sudah stuck dan tidak bisa diajak berkompromi, ambil sedikit waktu untuk berdiam diri dan menenangkan pikiran. Jika dilanda ngantuk di siang hari, ambil waktu untuk tidur siang 15-30 menit. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan fokus dan niat kamu dalam mengerjakan tugas.

Melatih fokus memang tidak mudah. Banyak sekali cobaan yang mengganggu dan membuat kita terdistraksi. Nah, teman-teman dapat melatih beberapa tips di atas untuk meningkatkan fokus diri. Semoga bermanfaat!

Redaktur : Valeshia Trevana


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kenali dan Lawan Toxic Masculinity!

redaksi

Banyaknya Stereotype Suku di Indonesia, Apa Bisa Lepas?

redaksi

Hilangnya Kata Kunci Beretika di Masa Serba Online

redaksi