SUARA USU
Kabar Kampus

Tumbuhkan Rasa Memiliki bersama PKKMB Fakultas MIPA USU

Oleh : Misuki Awanda / Viona Maharani

Suara USU, Medan. Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam sukses melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2022. Suksesnya PKKMB didukung dengan keefourian dari para dekanat dan juga panitia dalam menyambut mahasiswa baru fakultas mipa ini.

Setalah 2 tahun tidak berorientasi secara langsung, Awan Maghfirah S.Si., M.Si. selaku sekretaris program studi Fisika dengan bangga menyambut para mahasiswa baru di fakultas sains ini,
“Selamat datang saya ucapkan kepada mahasiswa baru yang telah lulus difakultas kebanggaan kita, sebenarnya kami sendiri ingin mahasiswa baru tidak merasa seperti tamu, kami ingin mereka merasa bahwa para anggota baru sama dengan anak baru lahir, dan itulah yang harus kita persiapkan untuk mereka tetap bisa bertahan sampai 4 tahun,” jelas Awan.

Selain menyambut, ia juga ingin para mahasiswa baru merasa memiliki kampus dan senang terhadap kampus sehingga definisi orientasi tersebut berhasil
“Kalau mereka sudah merasa memiliki kampus dan senang berada dikampus maka tidak akan mungkin mereka meninggalkan kampus tersebut dan mencari alternatif lain ditahun tahun berikutnya,” ucapnya.

Selain itu wakil dekan III, Dr. Miswar Budi Mulya, M.Si berharap bahwa dengan adanya PKKMB luring ini dapat membuat mahasiswa baru lebih semangat dalam menjalani perkuliahan.
“Adanya PKKMB secara luring ini bertujuan agar mahasiswa baru lebih mengenal lingkungan kampus secara langsung dan lebih semangat dalam melaksanakan pembelajaran dikampus,” tuturnya.

Dekan fakultas MIPA, Dr Nursahara Pasaribu, M.Sc turut bangga atas perubahan signifikan yang telah usu berikan dari daring menjadi luring.

“Sesuai dengan arahan rektor, Bapak Muryanto Amin adanya perubahan dari daring menjadi luring ini merupakan suatu euforia yang sangat luar biasa, namun keduanya tetap sama bermakna,” ungkapnya.

Berbeda dengan yang lain, Dr. Susilawati, M.Si selaku wakil dekan II mengungkapkan dari segi support dana
“Kalau tadi tentang akademik bisa lebih maksimal, kami pun dari segi keuangan bisa mengikuti ya, karena program mbkm ini juga butuh banyak support dana jadi harapan saya mudah mudahan kami bisa mengimbangi dari segi support dana,” ungkapnya.

Ditambah oleh Silvia Ramadina selaku salah satu panitia pkkmb dari prodi fisika menyampaikan hambatan yang terjadi selama pkkmb berlangsung.
“Karena ini adalah acara offline setelah 2 tahun kita online, jadi kita belum terbiasa dengan kegiatan yang sebesar in. Juga terkesan lebih wah, jadi mungkin kendalanya dieksekusi acaranya yaitu terlalu banyak, terlalu hectic dan adik adik itu banyak yang tumbang,” jelasnya.

Ditutup oleh Ulfa selaku mahasiswi baru yang menjadi target utama dalam pelaksanaan PKKMB, mengungkapkan apresiasinya terhadap USU dan Fakultas MIPA
“Pastinya sangat senang dan bangga bisa menjadi bagian dari USU, khususnya fakultas mipa. Semoga PKKMB berikutnya dapat lebih berjalan dengan lancar, acaranya keren artis artisnya juga beserta atributnya,” tutupnya.

Redaktur : Harsimren Kaur

Related posts

Hari Perawat Nasional, “Perawat Tangguh”

redaksi

Adakan Serah Terima Jabatan, Pengurus GenBI 9.0 Sumut Resmi Dilantik

redaksi

Wajah Baru Duta Mahasiswa USU 2022!

redaksi