SUARA USU
Kabar Kampus

UKM Inkubator Sains USU Adakan Writing Class, Ajak Untuk Belajar Karya Ilmiah Bersama

Oleh : Caroline Gloria Ulibasa

Suara USU, Medan. Penulisan karya ilmiah merupakan momok penting dalam kehidupan mahasiswa, terutama untuk kegiatan penelitian. Nah, karena pentingnya  menentukan penelitian ilmiah serta sistem kepenulisan karya ilmiah yang baik dan benar, UKM Inkubator Sains USU mengadakan kegiatan Writing Class yang terbuka untuk umum. Writing Class dibagi menjadi 5 edisi dan diadakan selama 5 minggu. Writing Class ini sudah dimulai dari 8 Juli lalu hingga akhir bulan Agustus melalui Zoom Meeting.

Writing Class ini memiliki tema yang berbeda di setiap edisinya. Dimulai dari penentuan judul penelitian, pemahaman mengenai Bab 1 Pendahuluan, Bab 2 Tinjauan Pustaka, Bab 3 Metodologi Penelitian, Bab 4 Pembahasan Penelitian yang mencakup pembuatan abstrak, kesimpulan, dan saran,  hingga membuat daftar pustaka dan cara mencari referensi yang baik dan benar.

Tujuan diadakannya Writing Class ini adalah agar mahasiswa mengetahui dasar-dasar pembuatan karya tulis ilmiah dengan baik. Dalam pelaksanaan Writing Class ini, selain peserta diberikan materi, peserta juga diberikan tugas agar dapat menerapkan apa saja yang sudah disampaikan oleh pemateri.

Hadi Wijoyo, salah satu peserta Writing Class UKM Inkubator Sains menuturkan harapannya dengan adanya pelaksanaan kegiatan ini.

“Harapannya yang terutama peserta dapat memahami secara spesifik apa inti dalam pembuatan karya ilmiah. Kedua, peserta dapat mempraktekannya secara langsung dan kiranya dapat memberikan hasil yang baik,” tuturnya.

Redaktur : Elnada Nadhira Saleh

Related posts

Angkat Judul Salam dari Binjai, Delegasi USU Sabet Juara 1 Pada LKTI Edufair di Universitas Jenderal Soedirman

redaksi

Turut Meriahkan Hari Musik Nasional, Ikatan Mahasiswa Etnomusikologi Adakan Jamming Show!

redaksi

Di Balik Kontroversinya, Aplikasi Meet Zoom Masih Eksis Hingga sekarang

redaksi