SUARA USU
Kabar Kampus

Upgrading Efficiency Catalist Organizational Skill, Meningkatkan Kemampuan Berorganisasi Mahasiswa USU

Reporter: Jesika Yusnita Laoly & Putri Aisyah Silalahi

Suara USU, Medan. Rabu, (5/24) UKM MEPRO USU, menggelar seminar di Aula FISIP dengan tema “Upgrading Efficiency Catalist Organizational Skill: Membangun Kerjasama Dalam Berorganisasi Kuliah”. Kegiatan ini dirancang untuk menjadi wadah bagi para Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Sumatera Utara (USU) tentang betapa  pentingnya berorganisasi dalam meningkatkan kemampuan soft skill dan hard skill bagi para mahasiswa. Acara ini dihadiri oleh Muhammad Azis Rizky Lubis S.S., M.A, selaku Koordinator Puspresma MEPRO dari Direktorat Kemahasiswaan dan Mutiara Cinta Nst, S.H.,  selaku  narasumber dalam seminar tersebut.

Dalam sesi pemaparan materi, Mutiara Cinta Nst, S.H. menekankan pentingnya kemampuan memecahkan masalah dan mengatur waktu dalam organisasi. Ia memberikan berbagai strategi untuk mengatasi konflik dalam organisasi serta bagaimana seharusnya merespons dan berinteraksi dalam situasi yang menantang.

“Organisasi adalah miniatur kehidupan yang sebenarnya. Di sini, kita belajar berkomunikasi, meningkatkan kepercayaan diri, dan mengasah kemampuan dalam menyelesaikan masalah,” tutur Mutiara

Mutiara juga menyampaikan, ruang diskusi yang dibuka di akhir seminar bertujuan agar para peserta saling berbagi pengalaman dan menemukan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi oleh organisasi masing-masing. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi dan bekerja sama, yang nantinya dapat diaplikasikan baik di lingkungan akademis maupun profesional.

Sementara itu, dalam wawancaranya, Mutiara mengatakan dengan berorganisasi dapat membantu para mahasiswa dalam mengasah soft skill hingga membentuk mental mereka.

“Berorganisasi membantu kita mengasah soft skill, menambah relasi untuk masa depan, serta membentuk mental yang lebih kuat dan bijaksana dalam menghadapi konflik,” ungkapnya.

Ketua Umum MEMPRO USU, Angellika Sarumaha, dalam wawancaranya menyampaikan alasan mengapa seminar ini penting untuk di adakan. Ia berharap seminar ini dapat memperluas ilmu para mahasiswa.

“Kegiatan seminar ini menjadi sangat penting karena belum ada program serupa yang secara khusus menargetkan pengembangan soft skill organisasi bagi mahasiswa. Diharapkan para peserta, yang sebagian besar merupakan anggota UKM, dapat menyebarluaskan ilmu yang didapat kepada mahasiswa lain yang belum berorganisasi,” ujarnya.

Ia juga menyatakan bahwasannya persiapan acara ini tidak terlepas dari tantangan, terutama dalam mengumpulkan audiensi dan panitia karena bertepatan dengan masa kuliah dan ujian. Namun, antusiasme para peserta yang berasal dari berbagai UKM di USU seperti Suara USU, Gamadiksi, Menwa, Pramuka, Usova, PMM, Fosei, Mepro, dan Sahiva, berhasil menciptakan suasana diskusi yang interaktif dan konstruktif.

Melalui kegiatan seminar ini, diharapkan mahasiswa USU dapat mengembangkan soft skill, seperti pemecahan masalah, komunikasi, dan kepercayaan diri, sehingga lebih siap menghadapi tantangan dan berkontribusi dalam organisasi.

Redaktur: Duwi Cahya


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Dengan Protokol Kesehatan, Dosen USU Lakukan Pengabdian Berbasis Agrosilvopastura

redaksi

Angkat Unsur Bioteknologi, Delegasi USU Raih Juara 1 Pada LKTIN UNSIL

redaksi

NKCTHI Klintan FP USU Adakan Lomba Poster dan Fotografi Lewat Klintan Digital Creative

redaksi