SUARA USU
Kabar Kampus

Usai Lebaran, Mari Lebih Dekat dengan Alqur’an bersama LPTQ USU!

Oleh: Agus Nurbillah dan Putri Miftahul

Suara USU, Medan. Unit Kegiatan Mahasiswa LPTQ USU (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Universitas Sumatera Utara) merupakan unit kegiatan mahasiswa di bidang rohani Islam untuk mengembangkan bakat, minat dan keahlian mahasiswa khususnya tentang kitab suci Al-Quran.

Sebelumnya LPTQ bergabung bersama Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Ad-Dakwah. Kemudian pada 2017, LPTQ memisahkan diri dan resmi menjadi UKM. Dalam LPTQ sendiri terdapat 4 bidang yang memiliki fungsi tersendiri. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Bidang Musabaqoh merupakan bidang yang mengurus program kegiatan inti, yaitu menyelenggarakan Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) tingkat USU, dan pembinaan untuk MTQMN (Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional).
  2. Bidang Tarbiyah merupakan bidang yang program kerjanya meningkatkan pengetahuan  pengurus, seperti: kajian keilmuan, sharing time, rumah Quran, dan haflah Quran.
  3. Bidang Silaturahmi, merupakan bidang yang meningkatkan keakraban sesama pengurus serta memperkenalkan LPTQ kepada khayalak. Program kerjanya seperti gathering pengurus, memberdaya media sosial, rihlah, dan lainnya.
  4. Bidang Nasyid, merupakan bidang yang mensyiarkan islam melalui seni suara, seperti pelatihan nasyid, dan pelatihan marhaban.

UKM LPTQ USU banyak menciptakan mahasiswa yang berprestasi di bidang Musabaqoh Tilawatil Quran. Pada 2019 lalu , LPTQ USU mendapat peringkat 9 umum pada MTQMN di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah).

Untuk  menjalin keakraban dengan sesama pengurus, LPTQ sering melakukan perkumpulan. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan berbicara di depan umum, serta menjalin silaturahmi antar pengurus. Namun pada masa pandemi, LPTQ melakukan kegiatannya melalui media sosial, dan daring.

Ketua LPTQ USU periode 2021, Zainal Habibi Situmeang, mahasiswa Teknik Industri stambuk 2018  menyampaikan kesan, dan pesannya untuk UKM LPTQ USU. Ia mengaku senang berada di LPTQ USU karena mendapat banyak ilmu dan berkumpul bersama orang sholeh dan sholehah.

“Untuk kesannya, di UKM LPTQ ini banyak mahasiswa yang berprestasi di bidang Musabaqoh Tilawatil Qur’an, sehingga dari kita untuk kita untuk saling memberi ilmu, karna berkumpul bersama orang sholeh dan sholehah merupakan suatu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT,” ujar Zainal saat diwawancarai Suara USU via Whatsapp, Senin (10/5).

Di akhir wawancara ia berpesan agar seluruh pengurus LPTQ USU giat dalam menjalankan tugasnya masing-masing, karena semua program kerja di UKM LPTQ USU ini insyaallah diberkahi oleh Allah.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

 

Related posts

Pelantikan Pengurus IMIKS USU “Kepengurusan Berintegritas, Berkelanjutan dan Menuju IMIKS 3 in 1”

redaksi

Puncak Dies Natalis ke-69, USU Adakan Sidang Terbuka dan Luncurkan Telemedicine!

redaksi

Tingkatkan Pemahaman Bisnis Digital, HMI Gelar Seminar Nasional dan Talk show Inspiratif

suarausu