SUARA USU
Kabar Kampus

USU Laksanakan Tes Kesehatan Perdana Mahasiswa SBMPTN setelah Pandemi

Oleh : Boy Andreas dan Puvut Bethanya Surbakti

Suara USU, Medan. Setelah 2 tahun melewati pandemi, USU akhirnya melaksanakan tes kesehatan perdana kepada mahasiswa baru yang lulus jalur sbmptn, mengingat pada tahun 2021 test kesehatan hanya dilaksanakan pada mahasiswa yang lulus jalur tes mandiri.

Test kesehatan pada mahasiswa baru jalur sbmptn ini dimulai pada tanggal 19 juli 2022 dan dilaksanakan hingga 22 juli 2022, dimulai dari pukul 8.00 wib – 12.00 wib tanpa ada jeda atau istirahat. Tes kesehatan kali ini juga hanya dilaksanakan pada 2 lokasi yaitu poliklinik USU dan gedung pancasila.

Pada hari ke-3 yaitu 21 juli 2022 terpantau ratusan mahasiswa mengikuti tes kesehatan tersebut dengan membawa berkas persyaratan untuk tes kesehatan. Para mahasiswa terlihat cukup ramai mengikuti tes tersebut sehingga dibantu oleh pihak keamanan.

Drg. Rizky Annisa, salah satu panitia pelaksana dari tes kesehatan tahun ini menjelaskan tujuan utama dari dilaksanakannya tes kesehatan, “tujuan utama dari dilaksanakan nya tes ini adalah untuk mengetahui mahasiswa yang masuk sini itu sehat, serta juga ada tes narkoba untuk mengetahui mahasiswa yang masuk bersih daripada narkoba,” ungkapnya.

Tes kesehatan tersebut dilaksanakan lancar tanpa kendala dengan kuota 414 mahasiswa per hari untuk lokasi gedung pancasila dan kurang lebih 200 peserta di Poliklinik USU. Rizky Annisa juga menyampaikan bahwa pihak USU sendiri juga mengijinkan dilaksanakannya tes susulan bagi mahasiswa yang berhalangan hadir sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Kegiatan ini diikuti dengan baik oleh mahasiswa baru SBMPTN 2022, salah satunya Adinda Sarah, mahasiswa baru jurusan administrasi publik FISIP, “semuanya lancar, tidak ada kendala sama sekali, sistem berkasnya gampang aja sih,” tuturnya.

Tidak hanya Adinda, Nadya Salsabil, mahasiswa baru jurusan akuntasi FEB 2022 juga menyampaikan hal yang sama bahwa tes kesehatan yang diadakan USU ini berjalan dengan baik dan tidak mempersulit mereka. Nadya juga menyampaikan tidak ada kekhawatiran akan hasil tes kesehatan nanti karena merasa percaya diri akan kesehatan diri mereka dan sudah siap untuk masuk universitas menjadi seorang mahasiswa, “ tidak ada ketakutan kak, karena yakin dan merasa sehat,” tutupnya.

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Jangan Sampai Ketinggalan! Paragon Buka Program Beasiswa hingga Agustus 2023

redaksi

Mengusung Tema ‘Save Water, Live Better’, Dies Natalis MSP ke-14 Sukses Dilaksanakan

redaksi

HIMTI USU Adakan IEIC 2021 dengan Berbagai Lomba Menarik!

redaksi