SUARA USU
Kabar Kampus

USU Lockdown, Apakah Masih Diberi Akses Keluar Masuk???

Penulis : Yulia Putri Hadi


SUARAUSU, Medan. Sudah beberapa minggu ini, Indonesia sedang disibukkan dengan pandemic virus corona. Berbagai upaya sudah dikerahkan pemerintah dan institusi pendidikan. Salah satunya melalui Lockdown. Sebagai upaya untuk mencegah cepatnya penyebaran pandemi virus corona atau yang biasa disebut COVID-19 ini, Universitas Sumatera Utara melalui Surat Edaran Rektor Nomor: 3345/UN5.1.R/KPM/2020, memutuskan untuk menutup penuh kampus (lockdown) sejak tanggal 24 Maret 2020 hingga 7 April 2020. Dalam Surat Edaran Rektor tersebut juga disebutkan bahwa Rumah Sakit Gigi dan Mulut, Poliklinik, Fasilitas Olahraga, Sekretariat UKM, Gedung-gedung pertemuan dan Fasilitas Umum lainnya di lingkungan kampus ditutup.

Sejak tanggal 23 sudah dilakukan patroli untuk mengosongkan Sekretariat UKM,” tutur seorang Petugas Satpam USU yang berjaga di Pintu 1 USU, Pada Rabu Sore (24/03).

Tapi nggak mungkin ditutup secara permanen, kami kecualikan penghuni Kompleks dan Asrama, mereka diperbolehkan keluar. Karena jika ditutup permanen, bagaimana mereka mau beli makanan dan sebagainya,” tambahnya.

Menurut penuturan Satpam tersebut, penghuni Kompleks Perumahan Dosen dan mahasiswa yang menetap di Asrama tetap diperbolehkan untuk keluar masuk. tetapi harus melalui izin terlebih dahulu kepada yang terkait. Dalam hal ini Satpam yang sedang bertugas. Namun saat lockdown seperti sekarang ini, orang luar atau masyarakat umum yang tidak berkepentingan dilarang masuk. Dan gerbang yang dibuka hanya pintu 1. Sedangkan akses keluar masuk lainnya seperti pintu Sumber dan pintu susuk ditutup.
Sekarang ini orang dari luar yang tidak berkepentingan dilarang masuk. Dan pintu keluar masuk utama hanya dari pintu 1 ini.”

Berdasarkan pantauan di lapangan, terlihat suasana sunyi menghinggapi kampus USU. Terhitung hanya ada beberapa ojek online yang lewat dan beberapa penghuni asrama yang berlalu lalang. Begitu pun dengan Sekretariat UKM yang ada di USU, semua tampak sunyi dan tanpa ada aktivitas sama sekali. Pemandangan ini tentu menjadi hal yang langka. Karena biasanya kampus USU terkenal dengan keramaiannya, termasuk tentang orang-orang yang biasa ramai berolahraga di dalam kampus USU.

Redaktur Tulisan : Kurniadi Syahputra


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kegiatan National Onboarding Program MSIB Angkatan 6 Tahun 2024: Transformasi Melalui Aksi, Bersama MSIB Raih Prestasi

redaksi

Melatih Kecepatan Berpikir serta Minat dan Bakat Murid SDN 060883 Medan Petisah

redaksi

Tulis Harapan, Inilah Festival Bunkasai Jepang Adakan Tanabata 

redaksi