SUARA USU
Kabar Kampus

Usung Tema Be Strong to Share Love and Peace, USU Gelar Natal Oikumene 2021 Secara Hybrid

Oleh: Corry/Virgi

Suara USU, Medan. Keluarga Besar Universitas Sumatera Utara baru saja mengadakan perayaan Natal Oikumene USU 2021 yang diselenggarakan di Gereja Chapel USU pada hari Minggu, (12/12). Meskipun natal kali ini dirayakan di gereja, namun acara tetap diselenggarakan secara virtual via streaming YouTube dan zoom meeting untuk menghindari kerumunan orang pada saat acara berlangsung.

Acara ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan yang hadir secara virtual dan sejumlah pejabat daerah seperti Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi, Brigjen TNI Suko Basuki perwakilan dari Pangdam 1 Bukit Barisan, ketua PHBK USU, Albiner Siagian, serta rektor USU Dr Muryanto Amin. Tidak hanya pejabat daerah para dosen, alumni, DIASPORA, dan mahasiswa dari berbagai fakultas juga ikut berkontribusi dalam memeriahkan perayaan natal ini.

Perayaan natal Oikumene USU 2021 kali ini menghadirkan Ps. Jose Carol, pastor dari gereja JPCC yang memberikan khotbah secara virtual melalui zoom meeting.

Acara ini menyuguhkan paduan suara dari Consolatio dan El-Shaddai, liturgi dari para dosen, alumni, dan mahasiswa USU, serta nyanyian dari alumni FIB, Gok Parasian.

Penampilan menarik pada natal tahun ini adalah menanyangkan short movie yang mana film ini diperankan langsung oleh mahasiswa USU yang berjudul “Kasih Sempurna dalam Iman”.

Prof. Dr. Ir. Noverita S. Vinolina, MP selaku ketua natal Oikumene USU 2021 mengungkapkan bahwa natal tahun ini penyelenggara mengusung tema be strong to share love and peace. Karena tema ini sesuai dengan situasi sulit yang sedang dihadapi banyak orang di tengah masa pandemi yang masih terjadi sampai saat ini.

“Kenapa kita memilih tema ini karena di tengah pandemi ini banyak orang mengalami kesulitan oleh karena itu kita harus tetap kuat dalam situasi saat ini dan kita juga berbagi kasih dan juga damai sehingga setiap orang tetap tenang menghadapi situasi, melakukan bagiannya masing-masing dengan baik sehingga apa yang kita inginkan pembangunan negara kita ini bisa tetap berjalan dengan baik sehingga ekonomi kita ini menjadi pulih bukan hanya di Indonesia tapi juga secara global. Jadi kita harus tetap be strong, tetap kuat kita harus share kasih dan juga damai kepada banyak orang,” ungkap Noverita.

Guru Besar Universitas Sumatera Utara ini juga menyampaikan bahwa perayaan Natal ini melibatkan berbagai kalangan dari seluruh fakultas yang ada di USU. Namun yang ditugaskan untuk menjadi penyelenggara tahun ini adalah Fakultas Pertanian USU, sehingga panitia tahun ini didominasi oleh mahasiswa Fakultas Pertanian USU.

Di samping mengadakan perayaan natal, pihak panitia juga mengadakan bakti sosial yang dilakukan di Panti Asuhan Bait Allah dan di Gereja Chapel USU. Dana bakti sosial ini didapat dari para donatur yang berasal berbagai kalangan, mulai dari alumni, anggota PHBK USU, dan civitas akademika USU yang lainnya.

“Kita juga melakukan bakti sosial untuk natal secara rutin, kita memberikan kasih sesuai dengan judul be strong to share love and peace. Jadi kita memberi kasih, berbagi kasih kepada orang-orang yang tidak seberuntung kita jadi kita memberikan dan kita menggalang dana dari alumni, anggota PHBK, civitas akademika di USU dan juga dari alumni-alumni kita yang sudah tersebar baik di Indonesia maupun dari luar negeri,” papar Noverita.

Noverita juga menuturkan banyak kendala yang dialami oleh pihak penyelenggara dan kesulitan yang harus dihadapi saat akan mengadakan perayaan natal ini. Namun, kendala yang dihadapi tidak menjadi penghambat bagi para panitia untuk tetap semangat dalam melancarkan acara natal Oikumene USU.

“Kendalanya kadang-kadang kita mau mengumpulkan mahasiswa latihan, mereka harus melakukan perkuliahan dulu, mereka harus melaksanakan tugas-tugasnya, mereka harus melaksanakan risetnya, mereka harus melaksanakan berbagai macam praktikumnya dulu. Oleh karena itu mempertemukan waktu yang tepat antara semua panitia dan pengisi acara harus punya tekad yang kuat, semangat yang kuat dari para mahasiswa. Kadang-kadang mereka lagi jam kuliah nah saat ditentukan waktu, kadang jadi harus melorot (waktunya). Ya tetapi karena semangat mereka yang besar jadi tetap latihan dihari Minggu, kadang sampai dini hari,” tuturnya

Noverita menyampaikan kesannya saat mengikuti perayaan natal oikumene USU 2021. Beliau turut bangga atas hadirnya pihak dari berbagai kalangan yang ikut menyambut natal oikumene USU dengan baik.

“Saya sangat senang sekali karena natal tahun ini banyak petinggi baik itu menteri sampai pejabat yang ada di Sumatera Utara serta Rektor yang bersedia menghadiri acara natala Oikumene USU 2021 ini, saya juga sangat bangga sekali dari PHBK, Wakil rektor dan jajaran lainnya dapat hadir dalam natal kita tahun ini,” tutup Noverita.

Redaktur: Yessica Irene

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Vakum Satu Tahun, IMASI Kembali dengan Pemimpin Baru

redaksi

PEMKO Medan Berhasil Adakan Program Mudik Gratis!

redaksi

PEMA FK USU Akan Laksanakan PEMA MEDICAL OLYMPIAD 2022

redaksi