SUARA USU
Opini

Yang Muda Yang Berbahasa Daerah!

Displaying 20221114_210217_0000.png

 

Penulis: Okto Situmeang

Bahasa dapat menunjukkan identitas suku bangsa yang dimiliki oleh seseorang, karena setiap suku bangsa pastinya memiliki bahasa yang berbeda. Selain untuk berinteraksi dan menunjukkan identitas, bahasa juga dapat digunakan
untuk menilai intelektualitas seseorang, karena orang yang memiliki akhlak dan moral yang baik pasti akan berbicara dengan menggunakan perbendaharaan kata yang baik, karena bahasa yang kita gunakan merupakan cerminan dari karakter yang kita miliki.

Bahasa daerah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kebudayaan suatu Suku Bangsa, yang merupakan suatu bentuk kearifan lokal yang telah diwariskan oleh nenek moyang secara turun -temurun. Selain menunjukkan identitas  kesukuan, bahasa daerah merupakan suatu kekayaan budaya yang bersifat mutlak dan menunjukkan keunikan dan ciri khas Indonesia dibandingkan bangsa lain.

Namun saat ini penggunaan bahasa daerah pada generasi muda bangsa Indonesia sudah mulai berkurang dan memudar, hal ini dapat dilihat dari jarangnya penggunaan bahasa daerah masyarakat dan generasi muda, apabila hal ini terus berlanjut bukan tidak mungkin suatu saat nanti Bahasa daerah yang menjadi kekayaan intelektual bangsa Indonesia akan ikut mengalami kepunahan, sehingga bangsa Indonesia akan kehilangan kebudayaan dan jati diri aslinya yang akan tergantikan oleh kebudayaan yang datang dari luar dan dipenuhi oleh unsur globalisasi.

Jangan khawatir, untuk mencegah kepunahan bahasa daerah yang merupakan aset utama bangsa Indonesia beberapa hal berikut dapat kita lakukan yaitu :

  1. Menggunakan Bahasa Daerah dimulai dari diri sendiri dan keluarga :keberadaan bahasa daerah akan tetap terjaga apabila kita mampu menggunakannya dalam kehidupan sehari -hari yang dimulai dari lingkungan keluarga, orang tua dapat berperan sebagai seorang pendidik yang mengajarkan bahasa daerah kepada anak-anaknya di dalam lingkungan keluarga.
  2. Meningkatkan implementasi kurikulum pendidikan Bahasa Daerah :pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter generasi muda, namun saat ini implementasi pendidikan bahasa daerah masih cenderung sulit untuk berkembang, hal ini disebabkan karena kurangnya minat generasi muda dalam belajar bahasa daerah, pendidikan bahasa daerah sangat penting untuk dipertahankan agar pusaka kebudayaan Indonesia dapat terjaga dengan baik.
  3. Menganggap penggunaan Bahasa daerah sebagai sesuatu yang keren: Indonesia merupakan negara yang unik yang memiliki ratusan bahasa daerah dengan logat yang berbeda-beda, tentunya hal ini merupakan keunikan yang tidak bisa kita temukan di negara lain.

Keren pastinya jika kita generasi muda bisa “bilengual”, tentunya dengan kombinasi bahasa daerah kita sendiri!

Redaktur: Theresa Hana


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

RUU KIA: Pedang Bermata Dua Bagi Wanita Karir

redaksi

Kamu Bisa Jadi Pendengar yang Baik dengan Cara ini!

redaksi

Catcalling, Beda Tipis antara Candaan dan Pelecehan

redaksi