SUARA USU
Kabar Kampus

Angkat Unsur Bioteknologi, Delegasi USU Raih Juara 1 Pada LKTIN UNSIL

Penulis: Viona Maharani

Suara USU, Medan. Melalui ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Bioleaf 2021 yang diselenggarakan oleh Universitas Siliwangi, delegasi USU yang terdari dari tiga mahasiswi USU berhasil meraih juara 1 dengan mengangkat unsur bioteknologi. Ketiga mahasiswi tersebut berasal dari fakultas peternakan angkatan 2018. Mereka ialah Agnes Hiasenta Br. Bangun, Diana Rosininta Sitorus, dan Rizka Ramadhani.

Ketiga mahasiswi USU ini mengangkat unsur bioteknologi dengan membawakan judul ‘Catavia Drink (Inovasi Fermentasi Berbasis Susu Kambing Buah Bit Daun Stevia) Sebagai Upaya Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi’ sukses menghantarkan ketiganya menjadi juara  1 pada lomba yang dilaksanakan pada tanggal 22-25 November 2021.

“Kenapa kami angkat judul ini karena kita tahu bahwa masa pandemi ini butuh minuman immunobutator untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, susu kambing mengandung protein, vitamin A, vitamin B, dan kalsium. Buah bit juga mengandung vitamin C. Menurut studi literatur yang kami baca bahwa kandungan nutrisi dalam susu kambing dan buah bit dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Disamping itu, kami menggunakan gula stevia yaitu gula nonkalori, jadi bisa dikonsumsi semua kalangan usia,” jelas Diana.

Tapi tentu saja jalan yang mereka lewati tidak mulus. Ada kendala yang mereka alami sebelum lomba dilaksanakan yaitu kesulitan mengatur waktu untuk latihan presentasi karena masing-masing punya kesibukan yang berbeda. “Kalau pas lomba kemarin aku tiba-tiba terkeluar dari zoom waktu sesi tanya jawab bagian akhir. Tapi, Puji Tuhan, gak mempengaruhi penilaian,” sambung Diana.

“Harapannya pasti mau mahasiswa/I USU berprestasi lebih baik lagi baik nasional maupun internasional,” tutupnya Diana.

Redaktur: Zukhrina Az Zukhruf


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Walikota dan Rektor Buka Rapat Kerja Wilayah BEM SI Sumatera Utara dan Barat

redaksi

Webinar Comditive: Create Your Content, Create your future

redaksi

Menikmati Keseruan Debat Pertama Calon Presiden dan Wakil Presiden Lewat Nobar GMNI FEB USU

redaksi