Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Beasiswa Kabar Kampus

Beasiswa Pemudi: Mantapkan Aksi, Siapkan Kontribusi, dan Persiapkan Pemimpin Negeri

Oleh: Josephine C.L. Siahaan

Suara USU, MEDAN. Beasiswa Pemimpin Muda Indonesia atau Beasiswa Pemudi adalah beasiswa yang dipelopori oleh Azhari Alaska Ginting, mantan Wakil Gubernur Mahasiswa Fakultas Hukum 2020-2021. Beasiswa ini dibentuk untuk menciptakan pemimpin muda yang akan berkontribusi di Indonesia Emas tahun 2045.

Pendaftaran beasiswa dimulai dari tanggal 11 Mei 2021 hingga 27 Mei 2021. Berbeda dari beasiswa lain, beasiswa pemudi memperbolehkan penerima untuk menerima beasiswa lain. Tahap-tahap pendaftarannya pun memiliki keunikan tersendiri loh, yuk simak tahapannya!

  1. Tahap Administrasi

Beasiswa ini menerapkan sistem administrasi yang sederhana yakni dengan menggunakan google form yang isinya adalah prestasi, organisasi, dan lainnya. Alasan digunakannya sistem yang sederhana ialah karena pihak beasiswa pemudi meyakini bahwa kejujuran adalah hal mendasar yang paling penting.

“Jadi kita hanya kasih trust ke mereka, mereka jujur ga terhadap hal sekecil google form. Kalau mereka sudah bangun trust, maka kita bisa percayakan bahwasanya mereka memang pantas untuk diasah menjadi seorang pemimpin”, ujar Azhari dalam wawancaranya pada Kamis, 20 Mei 2021 lalu.

  1. Project Social Fun Raising

Nah, tahap ini belum pernah dilakukan oleh beasiswa manapun. Pada project social fun raising mahasiswa akan diberikan challenge yang tujuannya untuk melatih 3 soft skill mereka, yakni manajemen tim, kontrol diri, dan marketing skills.

“Ini tidak bisa diberikan secara teori melainkan harus secara praktik. Pun, didalam project social fun raising ini akan terlihat apa yang bisa dilakukan oleh calon penerima beasiswa,” ujar Azhari.

  1. Deep Interview

Azhari juga mengatakan bahwa ini salah satu bentuk teknik interview yang baru. “Biasanya dalam interview selalu dilakuin face to face dan sangat tertutup, tetapi deep interview akan disiarkan di instagram melalui live instagram dengan 25 peserta dan langsung diwawancarai oleh founder” ujarnya.

  1. Personal branding

Sesuai dengan title, personal branding itu bagaimana seseorang mengembangkan dan memaksimalkan potensi/ketrampilan diri (skill), perilaku (behaviour) dan memahami nilai unggul (value) apa yang ingin dilakukan dan ingin dicapai dalam dirinya.

  1. Pengumuman

Tahap terakhir adalah pengumuman. Azhari mengatakan bahwa tidak ada batasan kuota per universitas, tim penguji akan menyeleksi peserta dalam skala nasional dan yang lulus ialah mereka yang sesuai dengan kualifikasi.

“Kami meyakini bahwa seorang pemimpin itu tidak lahir begitu saja melainkan harus dipersiapkan, dilatih, digodok, dihajar kalau perlu hingga nantinya ia terlahir sebagai sebuah pemimpin yang baik. Terakhir, sesuai dengan slogan kami, beasiswa pemimpin muda Indonesia mantapkan aksi, siapkan kontribusi, dan persiapkan pemimpin negeri”, tutupnya.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri

Related posts

Pandemi Corona Merajalela, Tak Perlu Khawatir: Seminar Daring Solusi Cepat Jadi Sarjana!

redaksi

Ketua Baru HIPMI PT USU: Kalo Bukan Kita yang Kreatif Siapa Lagi?

redaksi

Kebiri Kimia: Bentuk Kemunduran Hukum atau Langkah Awal Menggapai Kepastian Hukum?

redaksi