SUARA USU
Kabar Kampus

Beasiswa PSBB 2021 Sedang Membuka Pendaftaran Angkatan Ketiga, Buruan Cek Ketentuannya!

Reporter : Valeshia Trevana

Suara USU, MEDAN. Beasiswa Pemuda Semangat Bantu Bangsa (PSBB) sedang membuka pendaftaran angkatan ketiga sampai dengan 15 November 2021. Beasiswa PSBB ini merupakan bagian dari semangat bantu serta beasiswa ini juga sering mengadakan kegiatan bersedekah.

Adapun beberapa syarat umum dari beasiswa ini sebagai berikut:

  1. Mahasiswa muslim.

  2. Maksimal berumur 21 tahun.

  3. Mahasiswa aktif minimal semester 3 dengan IPK minimal 3.00.

  4. Dapat membaca Al-quran dengan lancar, tidak merokok, tidak berpacaran, dan belum menikah.

  5. Tidak sedang menerima beasiswa sejenis.

  6. Aktif dalam kegiatan kampus dan sosial.

  7. Memiliki dan aktif di akun media sosial.

  8. Memiliki salah satu kemampuan: menulis, nge-vlog, desain, fotografi, dan videografi.

  9. Bersedia aktif secara rutin setiap pekan untuk program sosial.

  10. Bersedia mengikuti segala rangkaian program selama satu tahun.

Dava Warsyahdana selaku koordinator PSBB 2021/2021 mengatakan bahwa ketika mendaftar beasiswa PSBB ada beberpa berkas yang perlu dipersiapkan, diantaranya mengisi form pendaftaran, scan KTP/KTM, foto 4×3 (dalam bentuk JPG/PNG), scan KK, scan transkrip nilai, CV terbaru, surat keterangan aktif dalam organisasi, scan sertifikat prestasi, dan screenshoot broadcast informasi pendaftaran kelima grup Whatsapp.

Mahasiswa Fakultas Pertanian ini juga mengatakan alasan utamanya tertarik mengikuti beasiswa ini karena pada dasarnya beasiswa PSBB mengajarkan untuk senantiasa bisa bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi orang banyak khususnya orang yang membutuhkan. Dava juga menambahkan, selain bisa bermanfaat untuk sesama, banyak sekali pembelajaran yang ia dapatkan.

Dalam program Beasiswa PSBB, setiap bulannya mengadakan gerak terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan paket nutrisi dan sembako ke masyarakat yang membutuhkan, seperti para pejuang nafkah di pagi hari, orang yang kurang dalam finansial (miskin), orang yang terkena musibah atau bencana alam pada suatu daerah (banjir, longsor, gempa dll). Program rutin Beasiswa PSBB ini adalah kegiatan mentoring yang diadakan setiap pekan. Kegiatan mentoring ini seperti pembentukan karakter baik itu softskill maupun hardskill kita.

“Hampir semua kegiatan PSBB sangat berkesan, karena saya melihat senyuman mereka yang sangat tulus dan ikhlas ketika kita memberikan rezeki kepada yang membutuhkan,” ungkapnya.

Selain memiliki program kerja yang sangat menguntung kan untuk sesama, Beasiswa PSBB juga memberi keuntungan pada para penerimanya, seperti relasi nasional, memiliki mentor nasional dan internasional, mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas diri, berperan aktif melaksanakan program sosial, mendapat uang binaan pribadi Rp.400.000/bulan, dan banyak keuntungan lainnya.

Koordinator Nasional PSBB ini berpesan untuk mahasiswa yang tertarik mendaftar Beasiswa PSBB, “Semoga tetap semangat mengikuti tahap seleksinya, harus optimis bahwa kalianlah yang terbaik, jika belum bergabung dengan PSBB, masih banyak wadah untuk terus belajar dan senantiasa memberikan kebermanfaatan kepada banyak orang,” ujarnya.

Redaktur: Wiranto Asruri Siregar


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

PMB KMK ST. DON BOSCO FISIP, Mempererat Kekeluargaan Lewat Misa dan Api Unggun

redaksi

Hasil SNBP Telah Keluar, USU Terima 2.303 Mahasiswa Baru

redaksi

USU Laksanakan Tes Kesehatan Perdana Mahasiswa SBMPTN setelah Pandemi

redaksi