SUARA USU
Kuliner

Belimbing Wuluh dan Resep Asam Sunti dari Aceh yang Lezatnya Bikin Candu!

Foto: youtube ‘Resep Rahasia Ibu’

Oleh: Yulia Putri Hadi

Rasa asam, asin, dan pedas menyatu lezat dalam kuah yang kental. Begitulah kira-kira rasa dan penampilan gulai jika diberi bumbu asam sunti.

Asam sunti terbuat dari belimbing wuluh. Bumbu ini sering digunakan dalam setiap masakan Aceh seperti Keumamah, kuah asam pedas, kari, asam udang atau masakan lain yang memiliki rasa asam dan pedas. Bumbu ini dapat memberi rasa asam gurih pada makanan.

Asam sunti bisa dimasak dengan utuh, dipotong kecil, ataupun dihaluskan dengan bumbu dan rempah lainnya. Kuah gulai yang diberi asam sunti akan sangat lezat dan membuat kita seolah tak bisa berhenti makan. Bahkan dimakan tanpa lauk pun sangat enak, cukup nasi dengan kuahnya.

Bagi masyarakat Aceh, asam sunti menjadi bumbu wajib di dapur. Untuk menemukan bumbu ini tidak sulit bagi penduduk Aceh karena bumbu ini dapat ditemui hampir di setiap pasar tradisional. Namun, penduduk Aceh juga sering membuat sendiri asam sunti di rumah.

Bahan untuk membuat asam sunti ini cukup mudah ditemui, cukup menggunakan belimbing sayur atau belimbing wuluh dan air. Prosesnya juga mudah, jemurlah belimbing wuluh di bawah sinar matahari hingga layu.

Setelah sekali dijemur, taburilah garam dan simpan di tempat teduh, biarkan hingga meresap. Proses ini diulang beberapa kali hingga belimbing menjadi kering dan berwarna kecoklatan. Oh iya, kandungan asam dan garam yang cukup tinggi dalam asam sunti, dapat menghambat proses pembusukan oleh mikroorganisme.

Jangan khawatir bagi kamu yang tak ingin repot, asam sunti sudah ada versi kemasannya dan dapat ditemui di berbagai macam minimarket di luar Aceh.

Asam sunti ini dapat disimpan hingga satu tahan bahkan lebih lama tanpa perubahan warna atau teksur. Inilah mengapa para perantau asal Aceh hampir selalu menyimpan bumbu ini dalam jumlah banyak untuk menjadi stok pengobat rindu pada makanan khas kampung halaman.

Lalu, kapan kamu akan mencobanya? Jangan lupa sediakan banyak nasi karena nikmatnya akan membuatmu tambah berkali-kali.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Masakan Khas Batak-Dengke Na niura ‘Sushi Batak’

redaksi

Kala Ramadhan, Ekonomi di Jalan Dr. Mansyur Semakin Makmur!

redaksi

Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Jozu Eats!

redaksi