SUARA USU
Kabar Kampus

BERAKSI GenBI x HIPMI: Kolaborasi untuk Lahirkan Pengusaha Muda

Oleh: Salsa Ghina Muyassar

Suara USU, MEDAN. Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Sumatera Utara berkolaborasi dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Universitas Sumatera Utara (HIPMI PT USU) dalam webinar bertema implementasi media digital dan QRIS dalam meningkatkan usaha pasca pandemi.

Acara dengan tajuk BERAKSI (belajar dan mengedukasi) ini diadakan pada Sabtu (28/08), dan dibuka oleh kata sambutan dari ketua umum HIPMI beserta GenBI USU, juga diisi oleh para pembicara yang dinilai ahli di bidangnya. Ada Fika Akhmad yang merupakan asisten manager KpwBI Sumut, Alfian Linux sebagai CEO Xtend Indonesia, dan M. Siddiq yang merupakan owner Pelipur Kopie.

Topik menarik yang banyak dibahas pada seminar daring ini yaitu mengenai QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) beserta penggunaannya pada perkembangan bisnis zaman sekarang. Fika menekankan bahwa QRIS bertujuan untuk mempermudah transaksi secara umum.

“Jadi QRIS ini banyak, ya, manfaatnya. Diantaranya yaitu lebih higienis karena contactless, pengeluarannya tercatat, kekinian, gratis, dan aman terkendali karena diawasi oleh Bank Indonesia,” jelasnya.

Tak kalah keren, Alfian yang memiliki catatan karir bagus dan Siddiq yang sebentar lagi akan menambah gerai usahanya, memberikan satu kutipan menarik dari mereka selaku perwakilan pengusaha muda, yaitu “usaha yang baik adalah usaha yang dimulai”.

“Untuk adik-adik yang sedang di bangku kuliah, perbuatlah apa yang kalian bisa perbuat. Tidak harus menjadi pengusaha, menjadi apapun baik, yang penting kalian fokus terhadap apa yang sedang dan ingin kalian lakukan,” tambah Alfian dalam sesi sharing-nya.

Acara diakhiri dengan kata penutup dari Poltak Sitanggang sebagai perwakilan dari KPwBI Sumut, ia berpesan bahwa sebagai mahasiswa harus kuat dalam memperjuangkan keinginannya.

If you never try, you never know. Kalian harus menjadi orang yang kuat, punya fighting spirit, dan jangan gampang cengeng karena jatuh bangun itu biasa,” ujarnya.

Akhir kata, Kustiningsih Dwi selaku ketua umum GenBI USU berharap agar pemuda tetap aktif dan berani dalam memulai usaha mereka.

“Harapan kedepannya adalah para pemuda itu berani untuk membuka usaha dan ada action dari kegiatan webinar ini, dan kita juga berharap semoga nantinya bakal lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan kolaborasi, baik di internal maupun eksternal perguruan tinggi USU,” tutupnya.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Sapma Sekawasan FISIP USU Adakan Galang Dana Korban Gempa Cianjur

redaksi

Keberhasilan PKM Center dalam Mencetak Prestasi USU Naik Peringkat

redaksi

Berdiri Sejak Tahun 1955: Panti Asuhan Al-Washliyah Kota Medan dan Minimnya Pengetahuan tentang Pentingnya Peran Pekerja Sosial

redaksi