SUARA USU
Life Style

Berikut Tujuh Tipe Mahasiswa, Kalian Termasuk yang Mana?

Sumber: http://urbanjabar.com

Reporter: Mutiara

Suara USU, Medan. Siapa, nih, yang pernah mendengar istilah mahasiswa kupu-kupu? Sobat Suara USU pasti sudah tidak asing lagi dengan tipe mahasiswa tersebut. Atau kalian termasuk ke dalamnya? Lalu, sebenarnya tipe-tipe mahasiswa itu apa aja, sih?

Selain mahasiswa kupu-kupu, Sobat Suara USU juga mungkin tidak asing lagi dengan istilah mahasiswa kura-kura. Selain keduanya, masih ada berbagai tipe mahasiswa lain yang mungkin tidak begitu familiar di dengar. Berikut penjelasannya!

1. Mahasiswa Kupu-Kupu

Mahasiswa kupu-kupu atau juga disebut mahasiswa kuliah-pulang kuliah-pulang. Tipe ini adalah sebutan yang cocok disematkan untuk mahasiswa yang selesai kuliah langsung pulang ke rumah atau ke kost. Biasanya tipe ini merupakan mahasiswa yang bersifat introvert. Mahasiswa tipe ini lebih memilih ketenangan dan kedamaian dalam kesendirian daripada mengikuti organisasi atau sekedar nongkrong dengan teman.

2. Mahasiswa Kura-Kura

Berikutnya, ada mahasiswa kura-kura atau disebut juga mahasiswa kuliah-rapat kuliah-rapat. Tipe ini merupakan tipe mahasiswa yang aktif mengikuti berbagai organisasi dan kepanitiaan. Sepulang kuliah atau saat jeda pergantian kelas biasanya mahasiswa tipe ini suka mampir ke sekretariat untuk mengurus kepentingan-kepentingan organisasinya dengan beragam rapat dan diskusi. Dibalik kesibukan tersebut, tak jarang mahasiswa kura-kura memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

3. Mahasiswa Kuda-Kuda

Selanjutnya yaitu mahasiswa kuda-kuda. Mahasiswa kuda-kuda memiliki dua arti yang berbeda, yaitu mahasiswa kuliah-dagang dan mahasiswa kuliah-dakwah. Dari kedua namanya, Sobat Suara USU pasti sudah mengetahui letak perbedaan keduanya.

Mahasiswa kuliah-dagang adalah mahasiswa yang berkuliah sambil berjualan di kampus. Barang yang dijual biasanya adalah jajanan seperti risol, donat, keripik dan sebagainya. Mahasiswa ini adalah penyelamat disaat kita ingin jajan, tapi malas pergi ke kantin. Biasanya, mahasiswa tipe ini sangat cocok menjadi bagian dari divisi danus (dana dan usaha) dalam sebuah kepanitiaan/organisasi.

Sementara itu, mahasiswa kuliah-dakwah adalah sebutan untuk mahasiswa yang aktif di bidang keagamaan. Mahasiswa ini aktif mengikuti organisasi keagamaan dan menyebarkan kebaikan tentang ajaran agama.

4. Mahasiswa Kunang-Kunang

Berikutnya, terdapat mahasiswa kunang-kunang atau kuliah-nangkring kuliah-nangkring. Bagi mahasiswa yang suka nongkrong, kunang-kunang adalah sebutan yang cocok untuknya. Mahasiswa tipe ini sangat gemar menghabiskan waktu hanya dengan sekedar duduk santai sendirian ataupun bersama teman-temannya. Lokasi yang menjadi sasaran pun beragam, mulai dari kantin, pendopo, pos satpam, bahkan di bangku-bangku kosong pelataran gedung. Sambil duduk-duduk santai, biasanya mahasiswa tipe ini sering memanfaatkan Wi-Fi kampus untuk keperluan bermain game serta mengunduh drama atau anime.

5. Mahasiswa Kuman

Selanjutnya yaitu mahasiswa kuman atau mahasiswa kuliah-main. Mahasiswa tipe ini adalah jenis mahasiswa yang suka main keluar, mulai dari ke mall, berburu jajanan pinggir jalan, hingga mampir ke kost atau ke rumah teman. Biasanya mahasiswa tipe ini akan saling bertukar kabar-kabar terkini saat sedang berkumpul.

6. Mahasiswa Kue

Berikutnya yaitu mahasiswa kue atau mahasiswa kuliah-gawe. Gawe berasal dari bahasa Jawa yang artinya kerja. Yap betul sekali, mahasiswa tipe ini adalah jenis mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Mahasiswa kue mampu menyesuaikan waktu dan membagi tenaganya untuk kuliah sekaligus bekerja, walau tak jarang mereka terpaksa tidur larut apabila tugas kuliah sedang menumpuk.

7. Mahasiswa Kutu-Kupret

Yang terakhir yaitu mahasiswa kutu-kupret atau mahasiswa kuliah-tugas kuliah-presentasi. Ini adalah tipe bagi golongan mahasiswa ambis dan pintar yang sepulang kuliah langsung mengerjakan tugas. Mahasiswa tipe ini biasanya mempunyai kemampuan public speaking yang bagus karena selalu menjadi yang paling aktif ketika presentasi di depan kelas. Biasanya tipe mahasiswa ini selalu mendapat nilai IPK yang bagus, lho.

Nah, itulah dia tujuh tipe mahasiswa yang mungkin belum Sobat Suara USU ketahui sebelumnya. Kamu termasuk ke dalam tipe yang mana, nih?

Redaktur: Tania A. Putri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Usir Penyakit dengan Membudayakan 5 Kebiasaan Ini

redaksi

Pentingnya Konsumsi Buah bagi Mahasiswa

redaksi

Neokorteks dan Timeline Hidup Manusia

redaksi