SUARA USU
Kabar Kampus

Bertajuk Satukan Hati untuk Korban Erupsi Gunung Semeru, PEMA FPSi Adakan Donasi Terbuka

Oleh: Muhammad Dava Farhan

Suara USU, Medan. Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) Fakultas Psikologi USU, melalui Departemen Pengabdian Masyarakat (PEMAS) kembali mengadakan program insidental berupa donasi terbuka. Donasi yang dilaksanakan dari tanggal 7 hingga 13 Desember ini ditujukan bagi masyarakat yang terkena bencana erupsi Gunung Semeru.

Akifah Khansa, selaku Ketua Departemen PEMAS, mengatakan bahwa tujuan diadakannya donasi terbuka ini untuk membantu masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru dan membangkitkan kebersamaan antar masyarakat di Indonesia.

“Tujuan dilakukan open donasi ini yang paling utama untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Selain itu, kita juga mau membangkitkan togetherness masyarakat Indonesia untuk saling membantu, terkhususnya juga mahasiswa baru angkatan 2020 dan 2021, biar mereka tau dan langsung mempraktikkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu mengabdi pada masyarakat,” jelas Akifah.

Lebih lanjut, Akifah menjelaskan bahwa pengumpulan donasi akan dilakukan secara online maupun offline.

“Donasi dikumpulkan melalui online dan offline, jadi temen-temen bisa transfer ke e-wallet atau bank yang sudah ditentukan. Tapi, kami juga turun ke jalan, galang dana langsung di titik-titik ramai di kota medan.”

Setelah donasi berhasil dikumpulkan, Akifah mengatakan akan memberikan donasi dalam bentuk uang yang kemudian akan disalurkan melalui Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

“Donasi akan diberikan dalam bentuk uang, yang akan disalurkan melalui ACT. Nanti tim ACT yang paham sebaiknya uang tersebut digunakan untuk apa. Kita hanya mengumpulkan saja,” ungkapnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan donasi terbuka ini, Akifah berharap dapat memberikan manfaat dan membantu masyarakat yang mengalami erupsi Gunung Semeru.

“Harapannya dari kegiatan ini semoga para korban erupsi Gunung Semeru bisa terbantu. Walaupun donasi yang terkumpulkan mungkin tidak seberapa ya, tapi mudah-mudahan tetap bisa bermanfaat, dan kami senang bisa turut berpartisipasi mengulurkan tangan.”

Akifah juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengalaman untuk mahasiswa baru dan volunteer agar kegiatan seperti ini dapat terlaksana kembali di masa yang akan datang.

“Semoga adik-adik 2020 dan 2021, serta teman-teman yang jadi volunteer bisa belajar dari kegiatan ini, menambah pengalaman, dan mengerti tugasnya sebagai mahasiswa, bukan hanya belajar tapi juga mengabdi pada masyarakat, agar aksi-aksi nyata seperti ini tetap bisa dilanjutkan kedepannya,” tutupnya.

 

Mari satukan hati dan ulurkan tangan untuk saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana meletusnya Gunung Semeru dengan berdonasi melalui:
OVO/GOPAY : 085373746225
BTPN / Jenius: 90400014255
A.N. Aliffiya Tasya Aqilah

Untuk teman-teman yang ingin berdonasi bisa memberi lewat nomor rekening di atas dan donasi akan berakhir pada Senin, 13 Desember 2021

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

IMADIP “Renaissance Cup 2023” Telah Usai, Peserta Keluhkan Hal Ini

redaksi

Analisis Efektivitas Penyaluran KUR Bank SUMUT KCP Krakatau Terhadap  Perkembangan UMKM di Kota Medan

redaksi

Melindungi Bumi Dengan Hemat Energi, Gabung Bersama Team Horas!

redaksi