Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar SUMUT

Bonapasogit Mengajar, Kepedulian untuk Pendidikan Indonesia

Penulis: Niara Simarmata dan Ruth Stephanie

Pendidikan adalah pelita bagi generasi muda yang akan membawa arah bangsa ini di masa depan. Kemajuan pendidikan menjadi tanggung jawab bagi seluruh lapisan masyarakat di negara ini. Bonapasogit Mengajar menjadi salah satu bagian dari kepedulian masyarakat atas Pendidikan Indonesia.

Berawal dari sebuah kepekaan seorang puteri yang bernama Ayu Nainggolan akan kebutuhan informasi bagi teman-teman yang ada di kampung halaman, Ayu bersama teman-temannya membentuk Bonapasogit Mengajar sebagai wadah anak muda khususnya yang tinggal di kampung halaman untuk menggali informasi.

“Cerita awal nya, aku pernah di invite jadi speaker di salah satu event, dan itu berbayar. Terus aku mikir, gimana kalau teman-teman di desa yang butuh informasi atau knowledge, tapi tidak punya dana untuk bayar event nya. Jadi nya aku kepikiran untuk bikin komunitas seperti ini, dimana Bonapasogit Mengajar menyediakan wadah untuk generasi muda dapat berbagi informasi dan knowledge ke teman-teman di desa,” ujar Ayu Nainggolan saat diwawancarai.

Latar belakang nama Bonapasogit Mengajar sendiri berawal karena para founder berasal dari kampung halaman di Bonapasogit. Selain itu, sasaran dari Bonapasogit Mengajar juga merupakan teman-teman yang ada dikampung halaman. Namun, tidak terbatas hanya kampung halaman yang ada di Sumatera Utara saja melainkan semua daerah di Indonesia.

Ada berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Bonapasogit Mengajar, diantaranya mengadakan webinar gratis sekali dalam dua minggu, topiknya adalah terkait pendidikan dan karir, Instagram live dengan speaker yang memiliki pengalaman yang baik dalam pendidikan dan karir, mengajar ke sekolah, mini workshop, kelas gratis bahasa inggris, penggalangan dana yang akan digunakan untuk beasiswa bagi siswa yang membutuhkan,  dan Komunitas Penulis Bonapasogit Mengajar yang menyediakan informasi bermanfaat melalui media zoom.

Kegiatan Bonapasogit Mengajar dilakukan secara daring melalui platform zoom, Instagram, serta medium. Saat ini Bonapasogit Mengajar memiliki 90 lebih volunteers yang berasal dari berbagai daerah.

Ayu menuturkan, “Siapa saja bisa bergabung ke Bonapasogit Mengajar, sampai sekarang kita udah punya 90 lebih volunteers yang berasal dari berbagai daerah.”

Bonapasogit Mengajar terbentuk pada 16 September 2020. Di usianya yang masih muda, Bonapasogit Mengajar sudah menuai beragam pencapaian. Beberapa pencapaian yang sudah diraih yaitu mengadakan webinar gratis lebih dari 13 events, mengadakan partnership dengan komunitas lain seperti Pijar USU maupun dengan speaker lain yang kredibel, mengadakan kegiatan volunteering dengan jumlah volunteer saat ini lebih dari 90 orang, mengadakan kegiatan belajar mengajar ke SMA di porsea, berbagi informasi bermanfaat melalui postingan di media sosial instagram, Youtube, Facebook, Linked In dan menyediakan platform medium untuk teman-teman yang memiliki ketertarikan menulis.

Bonapasogit Mengajar sangat berharap dapat memberi dampak bagi pendidikan Indonesia, seperti yang dituturkan oleh Ayu, “Pastinya kita berharap komunitas ini semakin dikenal sehingga kita bisa bantu lebih banyak lagi teman-teman yang membutuhkan dan kita bisa memberikan impact yang lebih besar lagi untuk pendidikan di Indonesia.”

Redaktur: Yulia Putri Hadi

Related posts

Public Seminar, Pemuda Berkarya Indonesia Berdaya

redaksi

Menanggapi PPKM, Ini Tuntutan Aliansi BEM Se-Kota Medan

redaksi

Aksi Protes Jurnalis Kota Medan dan Aksi Tunggal Tolak Kenaikan BBM Warnai Hari Jadi Sumatera Utara!

redaksi