Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Kabar Kampus

Budidaya Tanaman Bersama UKM Himadita Nursery Fakultas Pertanian

Oleh : Fitri Dian Jannah

Suara USU, Medan. UKM Himadita Nursery atau yang akrab dikenal dengan HN merupakan UKM yang dinaungi oleh Fakultas Pertanian, USU. Terbentuknya UKM ini diawali dari sebuah perkumpulan yang melakukan kegiatan pembibitan, seperti buah dan sayur. Maka dari itu, Himadita Nursery fokus pada kegiatan budidaya.

Himadita Nursery merupakan singkatan dari Himpunan Mahasiswa Budidaya Pertanian. Kata Nursery digunakan karena kegiatan HN adalah melakukan perawatan pada tanaman. Tujuan utama UKM ini yaitu menjadikan Himadita Nursery sebagai wdah untuk mahasiswa pertanian dalam mengembangkan dan mengasah kemampuan mereka.

Sebelum menjadi UKM, Himadita Nursery merupakan perkumpulan mahasiswa yang melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pertanian, yang telah dimulai sejak 31 Oktober 1998. Seiring berjalannya waktu, HN berkembang menjadi UKM, dan diresmikan pada Januari 2013. Kegiatan pembibitan pun mulai masuk ke arah tanaman hias, produksi instalasi hidroponik, kompos dan jamur tiram.

Setelah menjadi UKM, HN telah memiliki 7 divisi dalam kepengurusannya, yaitu

  1. Pembibitan, menyediakan keperluan pembibitan;
  2. Tanaman Hias, menyediakan jasa dekorasi dan bibit tanaman.
  3. Produksi, bertugas memproduksi jamur tiram, kompos dan melaksanakan instalasi hidpronik yang saat ini diisi dengan tanaman pakcoy, kailan, dan kayu manis;
  4. Perlengkapan, kegiatan Himadita Nursery banyak menggunakan laboraturium, divisi ini menyediakan perlengkapan pertanian, selain itu HN juga menyediakan APD;
  5. Publikasi, berfokus pada kegiatan mempublikasikan segala kegiatan HN ke media sosial, dan mengelola perpustakaannya;
  6. Pemasaran, melakukan penjajakan dan penjualan terhadap hasil budidaya maupun bibitnya melalui instagram @hnmarket98 dan e-commerce;
  7. Pengembangan dan Pengabdian, melatih softskill dan hardskill anggota HN. Terdapat dua kegiatan, yaitu eksternal dengan menjadi pemateri dan melakukan pengabdian. Kemudian kegiatan internal yang berisikan pelatihan.

Himadita Nursery ini berprinsip dan berasas kekeluargaan. Setiap anggota diwajibkan membeli 2 lembar saham UKM HN, sehingga anggota menjadi seorang pembeli saham dan pekerja. Dana pembudidayaan berasal dari pembelian saham tersebut, dan keuntungan yang didapat akan dibagi rata saat akhir kepengurusan.

UKM Himadita Nursery memiliki acara tersendiri, salah satunya HN Edutour, HN Expo, dan pernah berpartisipasi dalam Monitoring dan Evaluasi di danau toba selama 3 hari, untuk memonitoring tanaman konversasi yang ada di daerah samosir. Anggota HN berhasil mendapatkan medali pada acara lomba nasional dan internsional.

Tahun 2018, Himadita Nursery telah menjalankan kerjasama dengan Cikal Nursery dari Universitas Medan Area, dan Mendel Nursery dari STIPAP.

Ketua HN, Dadin Ramadhan berharap UKM Himadita Nursery FP dapat terus berkembang dengan menyesuaikan segala perubahan yang ada. Serta dapat terus eksis karena ini merupakan kegiatan yang bermanfaat, dengan menerapkan segala teori yang diajarkan di bangku kuliah. “Karena kalau disebut ‘HN’, jawabannya ‘Jaya’”, ucap Dadin sebagai penutup.

Penyunting: Zukhrina Az Zukhruf

Related posts

Balai Bahasa Sumatera Utara Gelar Wicara dan Penyerahan Penghargaan Media Massa Peduli Bahasa 2020

redaksi

Adakan Rapat Kerja, Ketua IMIKS USU Harapkan Adanya Aktualisasi Program Kerja

redaksi

Hari Terakhir Pesta Demokrasi Fakultas Hukum: Menilik Pembatalan PEMIRA dari Kacamata Para Peserta!

redaksi