SUARA USU
Kabar Kampus Kabar SUMUT

Digelar Secara Hybrid, PIMNAS ke-34 USU Resmi Dibuka!

Oleh: Muhammad Fadhlan Amri dan Jei Suranta

Suara USU, MEDAN. Berlokasi di Gedung Biro Rektorat pada Selasa (26/10) malam, Pekan Ilmiah Nasional Ke-34 resmi dibuka. Pada gelaran kali ini, dilaksanakan secara hybrid dimana selain dari lokasi yang disebutkan, acara juga ditayangkan dan digelar di Zoom Meetings dan Youtube PIMNAS Ke-34.

Dalam pembukaan PIMNAS Ke-34 ini, hadir beberapa tokoh dari berbagai latar belakang mulai dari Rektor dan jajarannya, Wali Kota Medan Bobby Nasution, PLT Kepala Pusat Prestasi Nasional Asep Sukmayadi, Ketua Dewan Juri PIMNAS ke-34 Prof Dr Ir Nuni Gofar dari Universitas Sriwijaya dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang juga hadir dan memberikan kata sambutan secara virtual.

Acara diawali dengan 8 tarian khas Sumatera Utara, yang kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan Edy Ikhsan selaku Ketua Umum PIMNAS Ke-34. Dalam Kata Sambutannya, Edy menyampaikan sejumlah keterangan terkait statistik PIMNAS kali ini. Ia juga berharap agar PIMNAS kali ini bisa berjalan dengan lancar dan tertib.

“PIMNAS Ke-34 diikuti oleh 3.126 mahasiswa, yang tergabung 735 kelompok PKM berasal dari 108 Perguruan Tinggi seluruh Indonesia. jumlah 35 kelas penjurian, dimana 18 kelas dari FASILKOM-TI dan 17 kelas di Fakultas Kedokteran Gigi. Tim juri berjumlah 107 orang, hadir luring 98 orang dan hadir daring 9 orang. Kami berharap PIMNAS Ke-34 ini berlangsung dengan sukses, lancar, aman dan tertib,” papar dosen Fakultas Hukum ini.

Rektor Universitas Sumatera Utara, Muryanto Amin pun tak luput memberikan kata sambutan. Ia menyatakan kesiapan USU dalam melaksanakan amanah yang telah diberikan.

“Sesaat lagi akan kita mulai dan semua rangkaian acaranya dilaksanakan. Terimakasih atas amanah yang telah diberikan. Insyaallah kami siap melaksanakan amanah dan tugas yang diberikan sebaik-baiknya,” ucap mantan Dekan FISIP ini.

Lebih lanjut, Rektor menyebutkan bahwa PIMNAS ini merupakan kontribusi nyata USU dalam perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“PIMNAS ini merupakan salah satu bentuk kontribusi dari Tri dharma Perguruan Tinggi. PIMNAS Ke-34 ini memfasilitasi seluruh ide, dan kita harus semangat untuk terus melangkah bersama berjuang mengupayakan kesuksesannya. Berbagai macam perubahan dan saat ini dunia sangat membutuhkan kontribusi kita semua menjadi yang lebih baik dan mampu memberikan solusi berbagai masalah kemanusiaan dan berkontribusi untuk kemajuan negara,” terang Rektor.

Lebih lanjut Rektor berharap ini merupakan langkah dan jembatan untuk seluruh peserta meraih prestasi atas nama USU

“Semoga bisa menjadi jembatan emas yang memediasi seluruh upaya para peserta untuk meraih prestasi atas nama seluruh civitas akademika Universitas Sumatera Utara,” pungkasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan berbagai pertunjukan seperti parade para kontingen seluruh Indonesia, penyerahan piala PIMNAS Ke-34 kepada tuan rumah dari pemenang sebelumnya, pertunjukan mapping artworks dan tradisi lompat batu dari Nias.

Redaktur: Yulia Putri Hadi


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Peran Mahasiswa Memberantas Nepotisme

redaksi

Open Recruitment UKM Gamadiksi: Yuk Intip Tahapan dan Syaratnya!

redaksi

Perayaan Paskah “Ditebus Untuk Menjadi Terang” Oleh IMPRODIAS USU

redaksi