SUARA USU
Kabar Kampus Kabar SUMUT

Dihadiri Lebih dari 350 Peserta, Google I/O Extended Medan 2023 Hadir di USU

Reporter: Tsabitah Syafanaura

Suara USU, Medan. Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (FEB USU) berubah menjadi saksi perhelatan Google I/O Extended Medan 2023 yang digelar pada 29 Juli 2023. Acara yang diselenggarakan oleh Google Developer Groups (GDG) Medan ini berhasil menarik antusiasme lebih dari 500 pendaftar, dengan lebih dari 350 peserta yang hadir pada hari itu.

Acara yang mengusung tema besar “Inovasi Teknologi dan Pembelajaran bagi Ekosistem Developer Medan” ini menjadi magnet bagi para pecinta teknologi, para developer, dan para entusiastik dari berbagai kalangan di Medan dan sekitarnya. Enam orang pembicara ternama di bidang teknologi turut memberikan wawasan dan pengetahuan terbaru dalam acara ini.

Riza Fahmi, salah satu pembicara pertama yang merupakan co-founder Hactiv8 dan seorang Google Developer Expert Web, mengupas tentang WebAssembly dan paradigma baru dalam membangun aplikasi web. Materi ini menjadi sorotan bagi para peserta yang ingin mengetahui lebih dalam tentang perkembangan teknologi di dunia web.

Tidak kalah menarik, Guan Wang yang merupakan Senior Data Scientist di Munich Re dan seorang Google Developer Expert ML menyajikan topik bertajuk “Responsible AI: Principles and Practices”. Topik ini membahas tentang tanggung jawab dalam penggunaan kecerdasan buatan secara etis dan bertanggung jawab. Hal ini menjadi perhatian khusus, karena dengan kemajuan teknologi, kecerdasan buatan perlu digunakan dengan bijak dan bertanggung jawab.

Tak hanya itu, topik New Android Privacy and Security in Android yang dihadirkan oleh Budi Oktaviyan yang merupakan Technical Lead di Grab dan seorang Google Developer Expert Android. Pada kesempatan ini, Budi Oktaviyan membahas tentang pentingnya privasi dan keamanan di platform Android yang semakin berkembang.

Pemateri selanjutnya Ananda Dwi Rahmawati seorang Cloud Engineer dan seorang Google Developer Expert Cloud termuda mengungkapkan sepuluh cara penggunaan Machine Learning dengan Google Cloud Platform, serta memperkenalkan peserta pada aplikasi teknologi machine learning dalam lingkup Google Cloud.

Veronica Putri Anggraini yang merupakan Softare Engineer Android di Line Bank dan seorang Google Developer Expert Android membawa pengalaman berharga dan tips berharga melalui topik “Unraveling the Jetpack Compose Migration Journey.” Jetpack Compose menjadi salah satu fokus perhatian pengembang Android yang ingin memahami bagaimana migrasi dan penggunaannya dengan lebih baik.

Terakhir, Jos Timanta Tarigan yang merupakan Kepala Lab Multimedia dan Computer Vision membuka acara ini sebagai perwakilan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) USU dan Google Developer Groups Medan. Dalam sambutannya, Jos Timanta Tarigan menekankan pentingnya terus meningkatkan acara ini agar tidak hanya menjadi seminar belaka, tetapi juga dapat dijadikan bentuk pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik bagi para peserta di kegiatan berikutnya.

Acara ini tidak hanya sebatas penyelenggaraan seminar, tetapi juga diisi dengan sesi IO Connect dan IO Extended Medan yang dijabarkan oleh Co-lead GDG Medan, Fikih Firmansyah. Pengalaman Fikih Firmansyah setelah menghadiri event IO Connect di Bangalore, India, memberikan inspirasi bagi peserta untuk terus mengembangkan diri dalam dunia teknologi yang terus berkembang.

Padlian Chairi selaku Lead GDG Medan, dalam penutupan acara menyampaikan tekad untuk terus berkolaborasi dengan instansi-instansi terkait guna mengembangkan ekosistem developer di Kota Medan. Hal ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru dan membawa dampak positif bagi perkembangan teknologi di Medan.

Redaktur: Anna Fauziah Pane

Related posts

Field Trip Mahasiswa dan dosen program studi Magister Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara

redaksi

Pengukuhan Guru Besar Tetap Rektor Universitas Sumatera Utara

redaksi

Melatih Kecepatan Berpikir serta Minat dan Bakat Murid SDN 060883 Medan Petisah

redaksi