SUARA USU
Kabar Kampus

Film Kejahatan Digital yang Mengerikan, Unlocked Buat Merinding Para Penonton

Oleh: Siti Annisa Fadhilah

Suara USU, Medan. Unlocked adalah film Korea Selatan yang perdana tayang pada 17 Februari 2023. Film ini disutradarai oleh Kim Tae-joon dan dibintangi oleh beberapa artis ternama Korea Selatan, seperti Chun Woo-hee, Yim Si-wan, Kim Hee-won, Park Ho-san, Kim Ye-won, Jeon Jin-oh, Kim Joo-ryoung, dan Lee Jae-woo.

Chun Woo-hee yang berperan sebagai Lee Na-mi dan Yim Si-wan berperan sebagai Woo Jun-yeong, merupakan tokoh utama dalam film ini. Unlocked menceritakan kehidupan seorang wanita (Lee Na-mi) yang berubah menjadi mimpi buruk ketika seorang pria (Woo Jun-yeong) berbahaya mendapatkan ponselnya yang hilang lalu menggunakannya untuk melacak setiap kegiatan yang dilakukan oleh Na-mi.

Unlocked berhasil masuk ke dalam TOP 10 Netflix di dunia dan berhasil menduduki peringkat 1 di berbagai negara termasuk Indonesia. Unlocked juga menjadi film yang diadaptasi dari novel Jepang Sumaho o Otoshita (2017) karya Akira Shiga.

“Dengan benda ini (ponsel), saya dapat mengetahui semua yang saya butuhkan. Dengan ponsel ini, saya dapat mengetahui apa yang Anda beli, apa yang Anda inginkan, apa yang Anda miliki, apa yang Anda makan, siapa yang Anda sukai, dan siapa yang tidak Anda sukai. Selama saya memiliki ini, saya bisa mengendalikan siapa saja dan saya bisa menjadi siapa saja,” ucap Jun-yeong.

Film ini banyak memberikan pelajaran untuk kita supaya lebih bijak lagi dalam penggunaan teknologi di zaman modern sekarang ini. Memberitahu kita untuk tidak lalai meletakkan atau meninggalkan ponsel di sembarang tempat, kemudian jangan  mudah memberikan akses ponsel kita kepada orang lain. Intinya, privasi adalah nomor satu di dalam hidup.

Film Unlocked juga menyampaikan beberapa pelajaran yang bisa kita ambil supaya lebih waspada dalam berkomunikasi di zaman sekarang ini. Dijelaskan bahwa, jika di sebuah ponsel terdapat perangkat pengintai maka beberapa hal ini yang terjadi:

  1. Baterai ponsel sangat boros dan cepat habis.
  2. Lokasi kita berada bisa dilacak.
  3. Peretas juga mengetahui pesan dan panggilan telepon kita.
  4. Kamera pada ponsel bisa menjadi mata dan mikrofon bisa menjadi telinga bagi pengintai.

Dalam commentary Netflix bersama unlocked, sang sutradara menyampaikan harapannya, “Saya berharap film ini bisa menjadi film di mana kita bisa berpikir tentang berkomunikasi di era smartphone,” ucap Kim Tae-joon.

Ayo sobat Suara USU, saat nya kita bijak dalam menggunakan media komunikasi di era sekarang. Karna kejahatan sekarang pun bisa dilakukan secara online, loh! terapkan budaya privasi supaya menjadi pribadi yang lebih baik lagi kedepannya.

Redaktur: Tamara Ceria Sairo


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Adu Visi Misi di Debat Perdana Pilkada Medan

redaksi

 Harapan Pemulihan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi

redaksi

GMKI FKM USU Gelar Webinar Kesehatan Seputar Kekerasan Seksual Di Perguruan Tinggi

redaksi