SUARA USU
Opini

G20 Meningkatkan Perekonomian Nasional

Source : Kemlu.go.id

Oleh : Nurul Rizky Amalia

Suara USU, Medan. Indonesia belakangan ini tengah diramaikan oleh Presidensi G20 (Group of Twenty) atau yang dikenal juga dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. G20 itu sendiri merupakan kerja sama multilateral yang memiliki tujuan strategis dalam menentukan tatanan perekonomian dan keuangan global, serta merepresentasikan keberagaman para negara anggota KTT G20 dari berbagai kawasan di dunia.

Keterlibatan Indonesia dalam G20 ini mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” dan membahas tiga topik utama yakni arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi energi yang berkelanjutan. 

Pembahasan ketiga topik tersebut diharapkan dapat memperkuat dan merestrukturisasi tata kelola dan arsitektur kesehatan global pasca pandemi, menciptakan nilai ekonomi melalui utilisasi teknologi digital, serta mencapai kesepakatan global untuk mempercepat transisi energi. Selain memberi solusi bagi permasalahan global, perhelatan G20 juga tentunya diharapkan dapat membawa manfaat strategis bagi Indonesia yaitu dari segi ekonomi dan sosial budaya.

Dilansir dari Kemenko Bidang Perekonomian, manfaat yang diperoleh oleh Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun ini diantaranya Menciptakan kontribusi hingga mencapai US$ 533 juta atau sekitar Rp7,4 triliun pada PDB Indonesia, dan Peningkatan konsumsi domestik hingga Rp1,7 triliun.

Dari sisi pariwisata, gelaran G20 juga berkontribusi terhadap proyeksi peningkatan wisatawan mancanegara hingga mencapai 1,8 juta sampai 3,6 juta dan juga 600 ribu sampai 700 ribu lapangan kerja baru ditopang kinerja bagus sektor kuliner, fashion, dan kriya. G20 di Indonesia melibatkan UMKM dan menyerap tenaga kerja.

Gelaran G20 di Indonesia ini juga akan mendorong investasi pada UMKM dalam negeri, serta Indonesia dapat berperan besar dalam mendesain kebijakan pemulihan ekonomi dunia. Bila perekonomian dunia membaik, maka Indonesia juga akan menerima dampak positifnya, salah satunya adalah pertumbuhan nilai ekspor yang tinggi.

Setelah Presidensi G20 ini diharapkan perekonomian nasional dan berbagai sektor yang berpengaruh akan terus berkembang untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju di tahun yang akan datang. 

Redaktur: Theresa Hana


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Bisakah Libur Panjang Mengubah Kebiasaan Seseorang?

redaksi

Memaksa Diri, Lingkungan Toxic Kuliah Wajib Dihindari

redaksi

Hati-hati Donasi Rawan Dikorupsi

redaksi